HeadlineNews

Gajah suci lahirkan anak ketiga

Seekor bayi gajah sumatra (Elephas maximus sumatrensis) berada di dekat kaki induknya di kawasan Conservation Response Unit (CRU) Desa Alue Kuyun, Woyla Timur, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (23/9/2023). Bayi gajah betina yang lahir pada Rabu (20/9/2023) dengan berat 84 kg tersebut merupakan anak kedua hasil perkawinan induk gajah jinak bernama Suci (34) dengan gajah liar di kawasan itu. (ANTARA/Syifa Yulinnas)

POPULARITAS.COM – Suci, Gajah jinak berjenis kelamin betina yang hidup di kawasan Conservation Respon Unit (CRU) Alue Kuyun, Aceh Barat, melahirkan anak ketiganya.

Bayi gajah betina itu, dilahirkan dari rahim Suci pada Rabu, 20 September 2023 lalu. Saat ini, kondisinya sehat dan selamat.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Gunawan Alza, dalam keterangannya dikutip dari laman Antara, Sabtu (23/9/2023) mengatakan, kini bayi gajah tersebut sudah menyusu ke induknya.

Suci sendiri, merupakan Gajah jinak berusia 34 tahun dan hidup di kawasan CRU Alue Kuyun, Aceh Barat. Dan bayi yang dilahirkannya merupakan anak ketiganya.

CRU adalah unit yang didirikan di bawah BKSDA untuk mengatasi konflik yang terjadi antara manusia dan gajah sumatra (Elephas maximus sumatrensis). CRU Alue Kuyun berjarak sekitar 240 kilometer dari Kota Banda Aceh.

“Itu adalah anak ketiga dari Suci,” katanya.

Meski begitu, ia mengatakan satu anak gajah dari Suci yang lahir sebelumnya sudah mati karena terserang penyakit, sedangkan satu anak lainnya masih hidup di CRU Alue Kuyun dan sudah berumur empat tahun.

Gunawan mengatakan BKSDA Aceh sudah menurunkan tim dokter hewan untuk memeriksa kondisi kesehatan anak gajah yang baru lahir tersebut.

Seekor bayi gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis) berada di dekat kaki induknya di kawasan Conservation Response Unit (CRU) Desa Alue Kuyun, Woyla Timur, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (23/9/2023). Bayi gajah betina yang lahir pada Rabu (20/9/2023) dengan berat 84 kg tersebut merupakan anak kedua hasil perkawinan induk gajah jinak bernama Suci (34) dengan gajah liar di kawasan itu. (ANTARA/Syifa Yulinnas)

Selain itu, pihaknya juga langsung berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memberi nama anak gajah itu.

“Kita terus memberikan informasi ke pusat, mungkin dari kementerian bisa memberi nama ke anak gajah itu,” ujarnya.

Anak gajah yang baru lahir terlihat sudah bisa berdiri, matanya sudah terbuka dan aktif bergerak. Selain itu, anak gajah betina itu juga terus menyusu ke induknya.

Koordinator CRU Alue Kuyun Mahyuzar mengatakan anak gajah tersebut saat baru lahir ditimbang beratnya mencapai 84 kilogram.

Dia mengatakan induk gajah Suci yang berusia 34 tahun juga dalam kondisi sehat setelah melahirkan anak mamalia bongsor itu.

Ia mengatakan anak gajah yang baru lahir ini kemungkinan besar hasil perkawinan Suci dengan gajah liar yang ada di daerah tersebut.

Dengan kelahiran satu anak gajah tersebut, katanya, saat ini ada lima gajah jinak yang dirawat di CRU Alue Kuyun. Satu ekor gajah jinak dari CRU saat ini sedang dikirim ke Kabupaten Bener Meriah untuk mengatasi konflik di lokasi itu.

Editor : Hendro Saky

Shares: