News

Garda Pemuda NasDem Aceh Gelar Donor Plasma Konvalesen

Warga melakukan donor darah di DPW NasDem Aceh, Banda Aceh, Rabu (18/8/2021). (Istimewa)

POPULARITAS.COM – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garda Pemuda NasDem Provinsi Aceh menggelar donor darah dan donor plasma konvalesen di halaman kantor DPW Partai NasDem Aceh, Rabu (18/8/2021).

Kegiatan yang dikemas dalam program Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma) itu sebagai upaya membantu penanggulangan Covid-19 di Tanah Rencong.

Donor Plasma Konvalen merupakan salah satu metode imunisasi pasif, yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19, kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat.

Ketua Garda Pemuda NasDem Aceh Muhammad Irfan mengatakan, aksi ini adalah sebagai sebuah bentuk kepedulian terhadap warga masyarakat di masa pandemi yang melanda tanah air yang semakin parah.

PSP Berderma, katanya, merupakan program yang diluncurkan secara nasional guna membantu pemerintah untuk memenuhi kebutuhan donor plasma konvalesen yang sangat tinggi.

“Saat ini pandemi belum berakhir, ditambah lagi dengan kebutuhan donor plasma konvalesen saat ini cukup tinggi. Hal ini yang membuat Garda Pemuda Nasdem Aceh mengambil langkah menggelar aksi kemanusiaan,” kata Irfan, Rabu (18/8/2021).

Irfan menyampaikan bahwa Garda Pemuda NasDem ikut prihatin akan tingkat kebutuhan donor plasma konvalesen yang tinggi, sehingga partai besutan Surya Paloh itu berharap dengan kegiatan kecil ini sedikit memberi dampak pada masyarakat yang membutuhkannya.

“Tidak boleh diam dan harus bergerak secara bergotong royong,” ujar Irfan.

Irfan mengatakan, program tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan 10 tahun Garda Pemuda NasDem sekaligus ulang tahun ke-70 Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

“Kami sebagai sayap partai diharuskan untuk berbaur dengan masyarakat, peduli dengan masyarakat, dan seterusnya kami juga akan membuat program-program sosial yang bermanfaat kepada masyarakat luas,” katanya.

10 pendonor plasma konvalesen

Irfan menyebutkan, pendonor yang mendaftar mencapai 85 orang dari target 100. Namun, berdasarkan data final dari pihak PMI tercatat pendonor darah biasa sebanyak 59 kantong darah, sedangkan pendonor plasma konvalesen sebanyak 10 orang.

“Untuk pendonor plasma konvalesen, mereka mendaftar di sini (Kantor DPW Partai NasDem Aceh) selanjutnyta mereka akan ke PMI untuk diambil sampel darah yang akan dikirim ke Jakarta untuk discreening, apakah layak untuk mendonor atau tidak,” ujar Irfan.

Irfan menyebutkan, plasma konvalesen sendiri merupakan salah satu terapi tambahan untuk mengobati pasien Covid-19 yang memiliki gejala berat dan kritis.

“Saat ini, solidaritas yang tinggi sangat diperlukan di masyarakat untuk melakukan donor plasma. Ayo bersama dan bersatu untuk melawan pandemi ini, karena pandemi ini tidak bisa kita lawan sendiri-sendiri, insyaallah kalau kita bersatu pandemi ini akan berakhir dan perekonomian masyarakat juga akan kembali normal,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Irfan juga menyambut baik atas antusiasme dari warga Banda Aceh dan para sponsor sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

“Partisipasi dan semangat kita semua menunjukkan tingkat kepedulian antar sesama dalam bahu membahu penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Semoga donor darah plasma konvalesen hari ini dapat menjadi salah satu dukungan terhadap ketersediaan kantong plasma konvalesen,” ujarnya.

Editor: dani

Shares: