News

Gempa M 3,9 guncang Nagan Raya provinsi Aceh

Gayo Lues di Aceh diguncang gempa 4,1 magnitudo
Ilustrasi gempa

POPULARITAS.COM – Wilayah Nagan Raya dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 3,9 magnitudo, Rabu (13/3/2024) malam sekitar pukul 21.53 WIB.

Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, pusat gempa berasa di darat pada jarak 34 kilometer Timur Laut Nagan Raya pada kedalaman 5 kilometer.

“Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra pada segmen Aceh-Central,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin kepada popularitas.com.

Gempa ini, kata dia, dirasakan di daerah Seunagan Raya dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hingga pukul 23:30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak ada kejadian gempa susulan,” tegas Andi.

“Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkasnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Shares: