News

Mendagri minta Bustami Hamzah sukseskan PON 2024 dan Pilkada

Mendagri minta Bustami Hamzah sukseskan PON 2024 dan Pilkada
tangkapan layar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat memberikan SK Presiden perihal penujukan Bustami Hamzah sebagai Pj Gubernur Aceh, Rabu (13/3/2024). FOTO : Kanal Youtube Kemendagri

POPULARITAS.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, minta Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah yang baru saja dilantik, untuk fokus dan konsentrasi untuk suksesnya PON Aceh-Sumut 2024 yang akan dilangsungkan pada September mendatang.

Hal tersebut disampaikan Tito Karnavian dalam amanahnya usai melantik Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah, Rabu (13/3/2024) di SBP Gedung C Kantor Kementrian Dalam Negeri di Jakarta.

“Saya harap saudara untuk fokus dan konsentrasi suksesnya PON 2024,” kata Mendagri.

Untuk itu, sambung Mendagri, dirinya berharap, sebagai Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah untuk dapat berkordinasi dengan semua pihak, baik Kemenpora, Kemen PUPR, dan Kementrian Keuangan untuk suksesnya even akbar tersebut.

“Saya percaya, saudara yang baru saja dilantik sebagai Pj Gubernur Aceh, dapat melaksanakan tugas tersebut sebaik-baiknya,” ujar Tito.

Prosesi pelantikan tersebut berlangsung di aula Kemendagri RI, turut dihadiri pimpinan DPR Aceh, Ketua Partai Aceh Muzakir Manaf, Kapolda Aceh, Pangdam IM, Kejati Aceh, dan  sejumlah tokoh dan politisi Aceh lainnya.

Mendagri melanjutkan, penyelenggaraan PON 2024, jangan hanya dimaknai sebagai proses kegiatan semata. Namun, even tersebut harus jadi lokomotif pembangunan, ekonomi dan juga membawa kebanggaan serta kehormatan bagi Aceh sebagai salah satu ruan rumah.

Tak hanya itu, Tito juga meminta Pj Gubernur Aceh untuk mempersiapkan Pilkada serentak di Aceh, dan segera mengecek naskah perjanjian hibah daerah atau NPHD dari pemerintah kabupaten/kota kepada KIP, Bawaslu dan pengamanan.

“Sebetulnya sudah ada instruksi saya untuk alokasikan 40 persen dana NPHD ditransfer kepada penyelenggara, pengawas dan pengamanan Pilkada dari anggaran 2023, sehingga pada 2024 tinggal dialokasikan 60 persen lagi,” demikian Tito Karnavian.

Shares: