NewsSepakbola

Girona teku Barcelona 4-2

Girona teku Barcelona 4-2
Penyerang Barcelona asal Portugal Joao Felix (kiri) mencoba melepaskan tembakan saat diadang bek Girona Daley Blind (kanan) pada pertandingan Liga Spanyol yang dimainkan di Estadi Olimpic Lluis Companys, Barcelona, Minggu (10/12/2023). (ANTARA/Pau BARRENA / AFP)

POPULARITAS.COM – Pertandingan Girona kontra Barcelona, Minggu (10/12/2023) di Estadi Olimpic Lluis Company, berakhir tragis. Klub catalan itu dipermalukan tamunya dengan skor akhir 4-2.

Kemenangan Girona atas rival catalan tersebut, antarkan klub itu sebagai pemuncak klasemen sementara Liga Spanyol dengan 41 poin. Sementara, Barcelona masih bertahan di posisi 4 besar.

Menang atas Barcelona 4-2, toreh sejarah baru bagi Girona. Berkat kemenangan itu, klub tersebut bertengger sebagai jawara sementara Liga Spanyol.

“Kami tidak bermain dengan baik, Girona memang bermain sangat baik tetapi ini adalah kesalahan kami, kami tidak berada pada level yang seharusnya,” kata gelandang Barcelona, Frenkie de Jong, seperti dikutip dari AFP.

“Kami tidak bagus dalam penguasaan bola, saya juga tidak, itu merugikan kami dalam permainan… Kami tertinggal tujuh poin (dari puncak klasemen), yang merupakan selisih yang banyak, tetapi masih ada lebih dari setengah musim untuk dijalani,” tambahnya.

Girona tidak diperkuat gelandang kuncinya, Yangel Herrera, namun hal itu ternyata tidak begitu menghambat mereka. Mereka bahkan memecah kebuntuan terlebih dahulu saat Viktor Tsygankov memberi umpan untuk diselesaikan pemain Ukraina lainnya Artem Dovbyk menjadi gol, saat pertandingan baru berlangsung 12 menit.

Barcelona segera menyamakan kedudukan, tepatnya pada menit ke-19. Bola tendangan sudut Raphinha disambut sundulan kepala pemain senior Robert Lewandowski. Gol itu sekaligus mengakhiri puasa mencetak gol selama tiga pertandingan bagi penyerang Polandia tersebut.

Setelah menjalani pertandingan yang ketat, di mana kiper Barcelona Inaki Pena dan penjaga gawang Girona Paulo Gazzaniga melakukan penyelamatan penting di gawang masing-masing, Girona merestorasi keunggulannya pada menit ke-40. Bek kiri mereka Miguel Gutierrez menusuk masuk kotak penalti tim tuan rumah, untuk melepaskan tembakan keras yang melesak masuk ke gawang Barca.

Barcelona berusaha keras segera kembali menyamakan kedudukan pada awal babak kedua. Kiper Girona melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan sepakan mendatar Frenkie de Jong, sedangkan tendangan bebas Raphinha melambung melewati mistar gawang.

Justru Girona yang mampu memperbesar keunggulan pada menit ke-80. Diawali sundulan Christian Stuani yang mengarahkan bola ke laju larinya, Valery Fernandez tidak mengalami kesulitan untuk mengatasi pengadangan Jules Kounde dan mengakhirinya dengan melepaskan sepakan akurat untuk menembus gawang tuan rumah. 3-1 untuk Girona.

Barcelona memperkecil ketertinggalan pada menit ke-92. Ilkay Gundogan bergerak dengan bagus di dalam kotak penalti Girona, sebelum melepaskan tembakan yang tidak dapat diantisipasi kiper Gazzaniga.

Lewandoski berpeluang menyamakan kedudukan saat berada di posisi yang tepat untuk melepaskan sundulan, namun bola masih melebar.

Girona kemudian melengkapi kemenangan itu dengan gol keempat mereka yang tercipta pada menit ke-95, berkat gol yang dikemas pemain senior Uruguay Stuani,

Shares: