News

Gubernur Aceh ingatkan peternak jangan panik terkait PMK

Gubernur Aceh ingatkan peternak jangan panik terkait PMK
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah (kiri) menyerahkan obat-obatan penanganan wabah PMK pada hewan, yang diterima langsung oleh Bupati Aceh Barat Daya, Akmal Ibrahim di Desa Kuta Tinggi, Blang Pidie, Abdya, Kamis (16/6/2022). FOTO: Ist

POPULARITAS.COM – Gubernur Aceh, Nova Iriansyah berkunjung ke Gampong Kuta Tinggi Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Abdya, Kamis (16/6/2022).

Kunjungan tersebut guna menyerahkan sejumlah obat-obatan sebagai upaya mengantisipasi penanganan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan di Abdya.

Pada kesempatan tersebut, Nova mengimbau para pemangku kebijakan terkait, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang PMK, agar tidak terjadi kepanikan, sehingga peternak segera menjual sapi-sapinya dengan harga murah yang justru akan merugikan masyarakat peternak.

Oleh karena itu, Nova menilai pentingnya para pejabat terkait untuk melakukan sosialisasi yang baik tentang PMK ini dan upaya dini pencegahan dan penanganannya.

“Jangan sampai masyarakat peternak melakukan panic seling karena kurang memahami. Jika terjadi panic saling tentu ternak saudara kita akan dibeli dengan harga murah. Hal ini tentu akan merugikan para peternak,” ujar Nova.

Sementara itu, Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Abdya, Laili Suhairi menjelaskan, instansinya selama ini rutin turun ke masyarakat peternak untuk mengedukasi masyarakat tentang cara pencegahan dan mengatasi PMK.

“Selama ini kita rutin terjun ke masyarakat untuk mengedukasi bahwa penyakit ini bisa disembuhkan Pak. Ini juga merupakan salah satu upaya pencegahan agar tidak terjadi panic seling,” ujar Laili.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur didampingi Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dibantu oleh para petugas medis hewan, melakukan penyemprotan obat penyembuh luka pada kuku sapi yang terinfeksi virus PMK.

Shares: