News

Hama wereng mulai serang padi petani di Bandar Baru

19,5 hektar lahan padi di Aceh Besar diserang Hama wereng, Pj Bupati : Sudah kita kendalikan
Ilustrasi, petani melakukan penyemprotan untuk mengatasi serangan hama wereng terhadap tanaman padi yang terjadi di beberapa kecamatan di Aceh Besar, Jumat (22/9/2023). FOTO : Dinas Pertanian Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Tanaman padi petani di seputaran Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, mulai diserang hama wereng.

Serangga wereng itu mulai menyerang tanaman padi warga sekira satu pekan

Informasi yang diperoleh popularitas.com, beberapa wilayah yang mulai terkena hama pengisap cairan tumbuhan itu diantaranya di Kemukiman Lancok, Nyong dan Jalan Rata.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pidie Jaya, Muzakkir mengakui, jika serangga wereng itu mulai menyerang beberapa titik tanaman padi petani di wilayah Bandar Baru.

Hanya saja, untuk saat ini serangan wabah penyakit padi itu masih dalam katagori klaster ringan atau sebatas spot-spot dibeberapa titik saja.

Jelasnya, luas lahan yang berisikan tanaman padi kecamatan Bandar Baru sekitar 1.872 hektar. Sedangkan luas di kemukiman Lancok dan Nyong sekira 600 hektar.

“Serangan Wereng di Kecamatan Bandar Baru tidak menyeluruh masih spot-spot, kalau akumulasi lahannya serangan wereng hanya sekira 2 hektar ,” kata Azwar Khalid, Senin (15/1/2023).

Untuk itu, pihaknya telah mendistribusikan pestisida pengendali hama wereng ke petugas Organisme Pengganggu Tamanan (OPT) pada Balai Penyuluh Pertanian Bandar Baru, pada Jumat (12/1/2023) beberapa hari lalu.

Jumlah pestisida yang didistribusikan itu dapat dilakukan penyemprotan hingga 40 hingga 50 hektar lahan.

“Obatnya sudah kita serahkan ke OPT untuk dilakukan penyemprotan massal,” katanya.

Shares: