News

Harga daging sapi di Aceh masih stabil

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh Ir Mohd Tanwier menyatakan bahwa harga daging sapi di Aceh masih stabil sesuai standar Aceh yakni sekitar Rp145 ribu per kilogram.
Ilustrasi, pedagang daging sapi di Banda Aceh di hari Meugang | Foto: Al Asmunda

POPULARITAS.COM – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh Ir Mohd Tanwier menyatakan bahwa harga daging sapi di Aceh masih stabil sesuai standar Aceh yakni sekitar Rp145 ribu per kilogram.

“Kalau harganya di Aceh masih standar dan alhamdulillah sampai hari ini harga daging masih berkisar di Rp145 ribu per kilogram,” kata Mohd Tanwier, dikutip dari Antara, Rabu (12/1/2022).

Tanwier mengatakan, harga daging sapi di Aceh memang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya, hal itu karena memang pasokan sapi untuk Aceh dibawa dari luar provinsi.

“Sapi itu rata-rata ada di lokal, Aceh Tamiang, dan ditambah dari luar, bisa dari Lampung dan dari mana-mana,” ujarnya.

Tanwier menjelaskan, pembelian sapi luar untuk menutupi kebutuhan konsumsi daging di Aceh tersebut dilakukan karena memang belum banyaknya tempat peternakan khusus yang representatif dari pedagang di Aceh.

“Para pedagang aktif kita belum memiliki peternakan sapi yang representatif, kecuali ada satu yang dibina oleh Dinas Peternakan Aceh,” kata Tanwier.

Dirinya menyebutkan, harga daging sapi di Aceh tidak selalu stabil, pada momen tertentu seperti masuknya bulan maulid dan menjelang tradisi meugang puasa hingga lebaran harganya bisa mencapai Rp170 ribu per kilogram.

“Menjelang meugang harga daging kita bermain di angka Rp170 per kilogram, hingga sampai Rp200 per kilogram untuk wilayah barat selatan Aceh,” ujar Tanwier.

Meskipun demikian, lanjut Tanwier, sampai hari ini Aceh tidak akan bermasalah dengan stok sapi, bahkan menjelang Ramadhan, karena pemerintah sudah mempersiapkannya.

Shares: