EkonomiNews

Harga emas di Aceh Rp3 juta per mayam

Harga jual emas di Aceh di penghujung akhir Januari 2023 alami penurunan. Sempat melonjak di awal tahun, kini harga tebus logam mulian itu kembali turun dengan kisaran harga Rp3 juta per mayam, atau Rp90 ribuan per gramnya. 
Harga emas di Aceh Rp3 juta per mayam
Salah satu warga Aceh Besar, saat melakukan transaksi pembelian emas di Toko Mas Sinar Permata II di Lambaro, Aceh Besar, Jumat (27/1/2023). FOTO : popularitas.com/Riska Zulfira

POPULARITAS.COM – Harga jual emas di Aceh di penghujung akhir Januari 2023 alami penurunan. Sempat melonjak di awal tahun, kini harga tebus logam mulian itu kembali turun dengan kisaran harga Rp3 juta per mayam, atau Rp90 ribuan per gramnya.  Hal tersebut terpantau di salah satu toko emas di Pasar Lambaro, Aceh Besar, Jumat (27/1/2023).

Pemilik toko emas Sinar Permata II Andy, yang dikonfirmasi popularitas.com, menerangkan jika saat ini harga emas berada dalam ketidakstabilan. Artinya, sebentar-bentar harga berubah. Kini, harganya turun Rp40 ribu hingga Rp60 ribu per gramnya.

Dua pekan lalu, sambung Andy, saat mengawali tahun 2023, harga emas sempat naik, Rp3,060 juta per mayam. Kini harganya kembali ke posisi Rp3 juta per mayam atau 3,2 gram.

Dirinya sendiri, memproyeksikan harga emas akan kembali menurun bulan depan, hingga memasuki ramadhan nanti. “Iya biasanya turun lagi. Tapi itu tergantung harga emas dunia juga,” tukasnya.

Menurutnya, ada banyak faktor yang pengaruhi harga emas, seperti kondisi ekonomi global, dan juga penyebab lainnya. Namun begitu, sambungnya lagi, animo warga untuk beli dan jual emas tetap tinggi. “Dengan harga emas seperti saat ini, prosentase yang jual dan beli berbanding 50 : 50,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pembeli Nilawati mengatakan ia membeli emas untuk dijadikan sebagian tabungan meskipun harganya masih berada di angka Rp 3 juta.“Rencana mau tunggu harga emas sampai turun lagi, takut lama jadi langsung beli,” ujarnya.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: