EdukasiHeadline

Hasil riset, Indonesia rangking pertama warganya paling banyak habiskan waktu bermain HP

Hasil riset, Indonesia rangking pertama warganya paling banyak habiskan waktu bermain HP
FOTO : ilustrasi

POPULARITAS.COM – Hasil riset yang dilakukan State of Mobile 2024, menempatkan warga Indonesia berada urutan teratas dunia dalam hal habiskan waktu bermain Handphone.

Hal tersebut dilaporkan oleh lembaga riset tersebut, yang dipublikasikan oleh firma pasar aplikasi Data.oi. menurut laporan itu, warga Indonesia setiap harinya habiskan waktu 6 jam lebih bermain HP.

Meskipun disebut menurun dari angka tahun 2022 sebesar 6,14 jam per hari, namun angka itu masih tertinggi dibandingkan rata-rata global.

Dalam riset tersebut juga terungkap bahwa secara global penggunaan smartphone melonjak hingga 5 jam per hari di 2023 yang menandai peningkatan sebesar 6 persen dari tahun 2022 hingga mencatatkan rekor baru.

Dipimpin Indonesia, lalu di posisi kedua ada Thailand dan diikuti oleh  Argentina, Arab Saudi, dan Brasil, dengan masing-masing negara melampaui 5 jam per hari.

“Konsumen semakin banyak menghabiskan waktu di aplikasi, sehingga menciptakan peluang baru bagi pebisnis untuk membangun hubungan langsung dengan pelanggan. Pebisnis yang berinvestasi dalam mengembangkan pengalaman aplikasi yang lancar dan solusi aplikasi yang canggih memenuhi ekspektasi konsumen dan mendorong ROI untuk bisnis mereka,” ucap kepala penjualan aplikasi Google Mike Holtgrewe, dikutip Jakarta Globe, Sabtu (13/1/2024).

Sementara itu, peningkatan angka yang paling signifikan juga terjadi di Jepang, Australia, dan Kanada dengan angka masing-masing 18%, 16%, dan 16% sejak tahun 2020.

Kemudian dalam kategori teratas yang menjadi favorit yakni hiburan dan media sosial. Kategori itu menyumbang lebih dari dua pertiga dari total waktu yang dihapuskan untuk aplikasi di smartphone.

Diketahui, warganet Indonesia menghabiskan total 134,7 miliar jam di aplikasi hiburan berbasis video seperti YouTube dan TikTok.

Sedangkan, aplikasi yang paling sering digunakan yakni, YouTube, TikTok, WhatsApp, Instagram, dan Google Chrome.

Secara global, konsumen menghabiskan total 5,1 triliun jam di ponsel pintar mereka, atau sekitar 14 miliar jam per hari.

Kemudian, aplikasi pinjaman online (pinjol) jadi aplikasi yang paling banyak diunduh warganet pada tahun 2023 dengan 222 juta unduhan.

Layanan VPN juga paling banyak diunduh dengan 195 juta unduhan diikuti aplikasi utilitas dan produktivitas dengan angka 190 juta unduhan dan aplikasi editing foto sebesar 160 juta unduhan.

Aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2023 adalah Easycash, Turbo VPN, TikTok Live Wallpaper, AutoClicker, dan Remini.

Shares: