NewsPolitik

Hasto angkat bicara soal PDIP buka pintu untuk Demokrat

Sekjen PDIP: Nama calon presiden sudah di kantong Bu Mega
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (kiri) berbincang dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di sela penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDIP di Jakarta, Minggu (12/1/2020). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

POPULARITAS.COM – Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut koalisi yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 terbuka dengan rencana masuknya Partai Demokrat.

Hasto menyebut, komunikasi politik antara PDIP dan Demokrat sudah dilakukan sejak lama, termasuk dalam Rakernas III PDIP pada Juni 2023 lalu.

Bahkan, ia menyinggung soal pertemuan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tempo hari lalu.

“Komunikasi yang intens terus kami lakukan. Bahkan, kami mendengar beberapa partai politik yang mengusung Pak Ganjar itu juga akan mengadakan pertemuan dengan Partai Demokrat,” katanya usai menghadiri Senam Bersama 1000 Aktivis Repdem di Jalan Baru Tongkang, Jakarta Pusat, Sabtu (9/9/2023), dikutip dari CNN Indonesia.

Hasto menegaskan PDIP menyambut baik komunikasi politik yang terus terjalin, termasuk dengan Demokrat.

Akan tetapi, ia mewanti-wanti syarat mutlak bagi partai yang ingin masuk ke koalisi pengusung Ganjar Pranowo.

“Tapi kami juga tegaskan kalau bekerja sama dengan partai politik pengusung Pak Ganjar Pranowo, maka betul-betul harus mengedepankan kepentingan bangsa dan negara sehingga kerja sama itu akan kokoh,” tandasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Partai Demokrat hengkang dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang mengusung Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024. Demokrat hengkang setelah koalisi mengumumkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai cawapres Anies.

Kini, Demokrat telah menegaskan bahwa pihaknya membuka peluang untuk bergabung mendukung Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto.

Shares: