News

HIPMI buka suara terkait penangkapan pelaku eksploitasi anak untuk jual buah potong

Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Banda Aceh, Fuadi Satria. Foto: dok. pribadi

POPULARITAS.COM – Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Banda Aceh, Fuadi Satria memberi apresiasi kepada Polresta Banda Aceh atas penangkapan pelaku eksploitasi anak untuk menjual buah potong keliling di tempat-tempat keramaian seperti warkop dan lampu merah.

Sebagaimana diketahui bersama, pada Rabu, 5 Juli 2023, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli melalui Kasat Reskrim merilis penangkapan terhadap salah satu warga berinisial S yang berdomisili di Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar.

“Kasus penangkapan terhadap pelaku eksploitasi anak ini menjadi catatan khusus bagi BPC HIPMI Banda Aceh. Hal ini bukan karena usahanya yang tidak benar, tapi eksploitasi anak di bawah umur yang seharusnya tidak dilakukan, apalagi anak-anak tersebut harus bekerja hingga larut malam,” kata Fuadi dalam keterangannya, Sabtu (8/7/2023).

Fuadi memahami bahwa banyak peluang usaha UMKM yang bisa dimaksimalkan oleh siapa saja masyarakat di Aceh, terutama di tempat-tempat keramaian, akan tetapi jangan sampai menggunakan jasa anak-anak di bawah umur untuk mencari simpati pembeli agar barang dagangannya laku.

Niat dari pedagang tersebut, menurutnya sudah benar, apalagi yang diperjual-belikan adalah buah-buahan yang notabene diminati oleh masyarakat, dan dalam kondisi panas seperti saat ini, sambungnya, tentunya akan banyak yang berminat dan membelinya.

“Walaupun sistem penjualannya disebar di tempat-tempat keramaian, akan sangat maksimal jika pengusaha tersebut memakai jasa orang-orang dewasa atau bahkan melalui reseller. Dan yang kita curigai disini adalah, pengusaha tersebut menggunakan jasa anak-anak agar bisa dibayar murah dan memaksimalkan keuntungan bagi dirinya pribadi. Ini jelas perilaku eksploitasi yang sudah sangat melanggar,” tambah Fuadi.

HIPMI Banda Aceh sangat mengapresiasi bagi siapa saja masyarakat kota Banda Aceh secara khusus dan Aceh pada umumnya, memiliki ide-ide usaha yang dapat menumbuhkan UMKM di Aceh, karena semuanya akan berpengaruh dalam pendapatan masyarakat Aceh.

“Dan kita akan mendukung bahkan mensupport bagi siapa saja yang ingin berusaha secara sehat dan baik.”

“Sekali lagi kita mengapresiasi langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Polresta Aceh beserta jajarannya, dan kami HIPMI Banda Aceh siap untuk selalu berdampingan dengan pihak manapun agar pelaku usaha di Banda Aceh dapat terus tumbuh dan bangkit,” pungkasnya.

Shares: