News

Hujan lebat dan angin kencang berpeluang terjadi di Aceh

BMKG prediksi Aceh masih berpotensi hujan lebat
Ilustrasi - Sejumlah kendaraan melintas Jalan MH Thamrin saat hujan, Jakarta, Kamis (12/6). FOTO ANTARA/Fanny Octavianus/nz/pri. (ANTARA/FANNY OCTAVIANUS)

POPULARITAS.COM – Hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Aceh pada Rabu (12/7/2023).

Hal tersebut berdasarkan siaran peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dikutip dari laman Antara, Rabu (12/7/2023).

Menurut peringatan BMKG, selain Provinsi Aceh, hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang juga berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, dan Lampung.

Bagian wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga menghadapi potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyampaikan bahwa beberapa faktor dinamika atmosfer skala regional hingga lokal masih berperan dalam memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan.

Ia mengemukakan, aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) serta gelombang ekuator Kelvin dan Rossby di sekitar wilayah Indonesia yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan secara tidak langsung meningkatkan potensi terjadinya curah hujan tinggi.

“Terkait hal tersebut, BMKG mengimbau kepada warga masyarakat untuk tetap waspada dan menyiapkan upaya mitigasi terhadap potensi hujan lebat,” katanya.

Shares: