NewsPolitik

KIP Aceh pastikan tidak ada pemilih siluman di luar DPT

Partai Adil Sejahtera Aceh daftarkan sengketa pemilu ke MK
Pemilu 2024. Foto: ANTARA

POPULARITAS.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh memastikan bahwa tidak akan ada pemilih siluman di Aceh saat pelaksanaan Pemilu 2024, semuanya sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) yang telah ditetapkan.

“Insya Allah, dan kami yakin tidak ada pemilih siluman khususnya untuk di Aceh,” kata Ketua KIP Aceh Samsul Bahri, dikutip dari laman Antara, Rabu (12/7/2023).

Samsul menegaskan DPT untuk Aceh sudah ditetapkan, dan itu yang menjadi patokan penyelenggara nantinya saat pelaksanaan Pemilu tahun depan.

DPT, kata Samsul, sudah melalui tahapan verifikasi ketat yang dilakukan oleh teman-teman di desa, kecamatan, kemudian pleno di kabupaten sampai ke KPU RI.

Ia menuturkan kalaupun nantinya terdapat TNI-Polri (pensiunan) atau anak-anak yang sudah cukup umur menjelang pemilihan, maka mereka bakal dimasukkan dalam daftar pemilih tambahan (DPTB).

“Kita tidak bisa menjamin DPT itu tidak bisa berubah, bisa saja ketika hari H ada yang meninggal dunia, ada TNI-Polri sudah pensiun, anak-anak sudah cukup umur, mereka kan ada hak memilih. Makanya ada DPTB nanti,” ujarnya.

Samsul menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir terhadap proses yang berjalan atau adanya pemilih siluman karena semuanya bisa memantau dan mengawasi pergerakan DPT yang sudah ditetapkan tersebut.

“Apabila nantinya ada hal-hal yang memang merasa dicurigai, maka silahkan melaporkannya ke Bawaslu terdekat,” kata Samsul Bahri.

KIP Provinsi Aceh telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 3.742.037 orang yang tersebar di 23 kabupaten/kota se Aceh.

Jumlah DPT 3.742.037 orang tersebut terdiri atas 1.839.412 laki-laki dan 1.902.625 perempuan.

Shares: