News

IDI Aceh Ingatkan Pemerintah Siapkan Cadangan Oksigen

POPULARITAS.COM – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh mengingatkan Pemerintah Aceh untuk waspada terhadap kemungkinan melonjaknya angka Covid-19 di provinsi paling barat Indonesia itu.

Ketua IDI Wilayah Aceh, Safrizal Rahman mengatakan, pemerintah juga perlu mempersiapkan cadangan-cadangan kebutuhan khusus, seperti oksigen sebagai persiapan bila terjadi lonjakan Covid-19 nantinya.

“Kalau kita di Aceh sampai saat ini Alhamdulillah belum ada problem dengan oksigen. Tetapi kan tentu kewaspadaan kita berdasarkan apa yang awalnya kita lihat di India, Jawa, itukan potensi terjadi di Aceh-kan sangat mungkin, bukan tidak mungkin,” katanya, Senin (5/7/2021).

Safrizal menambahkan bahwa IDI Aceh yakin pemerintah punya perhitungan-perhitungan untuk mensuplay kebutuhan utamanya, seperti obat dan kebutahan lain daripada penanganan Covid-19.

Dalam kesempatan itu, IDI juga mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, meski angka Covid-19 di Aceh cenderung menurun.

“Barangkali kalau tiga sampai empat minggu yang lalu kita sudah mulai agak ketat. Tetapi belakangan, sudah agak sedikit kendur mungkin karena kasusnya sudah di bawah 100 perharinya,” ujarnya.

Safrizal mengingatkan masyarakat agar tak lengah. Apalagi, Aceh saat ini terancam dengan virus Alfa dan Delta yang sudah ditemukan di Medan, Sumatera Utara.

“Jangan menghilangkan kewaspadaan kita. Tadi juga sudah diingatkan virus Alfa barangkali sudah banyak ditemukan di Medan dan kemudian virus Delta juga sudah banyak di Medan,” jelasnya.

“Jumlah kasus kita terakhir kemarin berada di angka 89 kasus. Dari pandangan kacamata ini sudah agak mulai turun, tetapi jangan salah sebentar lagi kita ada momentum Iduladha yang barangkali bisa reborn lagi seperti yang kita alami pada saat Idulfitri,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: