News

Imigran Rohingya mengaku bayar Rp50 juta untuk ke Aceh

Imigran Rohingya mengaku bayar Rp50 juta untuk ke Aceh
Imigran Rohingya di Idi Sport Center (ISC), Aceh Timur, Kamis (14/12/2023). ANTARA/Hayaturrahmah

POPULARITAS.COM – Sebanyak 49 orang imigran Rohinga, Kamis (14/12/2023) sekira pukul 03.45 WIB, memasuki kawasan pantai Seunebok Baro, Darul Aman, Aceh Timur. Saat tiba, mereka sempat bersembunyi, namun kemudian keberadannya diketahui petugas keamanan.

Salah satu imigran Rohingya, Sulaiman, saat memberikan keterangannya, dikutip dari laman Antara mengakan, untuk bisa mencapai Aceh, dirinya mengaku membayar 15-20 ribu ringgit atau setara Rp50 juta hingga Rp66 juta.

Sulaiman yang fasih berbahasa melayu itu mengungkapkan bahwa, tujuan utama mereka Malaysia, bukan ke Aceh. Namun kapal kecil yang mereka tumpangi rusak di perairan Thailand, sehingga perjalan yang mereka tempuh 20 hari.

Ia menyebutkan bahwa, awalnya mereka yang berangkat sebanyak 124 orang. Namun karna kapal rusak, sebab itu mereka dijemput oleh agen. Kemudian 49 orang diturunkan di sini dan kemudian pihak agen menjemput sisanya.

Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Aceh Timur Iskandar mengatakan ada 50 orang imigran Rohingya yang diturunkan dan mereka sempat dikumpulkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Idi Cut.

“Saat ini para imigran tersebut telah dievakuasi ke Idi Sport Center (ISC) Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, guna menunggu tindak lanjut hasil koordinasi dengan pihak UNHCR untuk direlokasi,” kata Iskandar.

Gelombang kedatangan imigran Rohingya ke Provinsi Aceh berlangsung berulang kali sejak November 2023. Sebelum di Aceh Timur, ratusan imigran Rohingya mendarat di Kota Sabang, Kabupaten Aceh, dan Kabupaten Pidie.

Hingga saat ini, imigran Rohingya yang mendarat di Provinsi Aceh tercatat 1.734 orang. Mereka saat ini ditampung di sejumlah lokasi di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

Editor : Muhammad Fadhil

Shares: