KesehatanNews

Imunisasi polio putaran kedua di Aceh dimulai

Imunisasi polio putaran kedua di Aceh dimulai
Arsip Foto. Petugas memberikan imunisasi vaksin polio tetes kepada balita di Puskesmas Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Senin (21/11/2022). (ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA)

POPULARITAS.COM – Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio putaran kedua kembali dilaksanakan di Aceh. Pemberian tetes polio putaran ke dua itu diberikan setelah memenuhi interval minimal 28 hari sejak pemberian dosis pertama dilakukan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh, Iman Murahman menyampaikan pemberian imunisasi tetes polio ini harus dilakukan minimal dua kali agar dapat terbentuk kekebalan dari serangan virus Polio yang berbahaya.

“Targetnya seluruh anak di Aceh yang berusia 0 -12 tahun harus dipastikan mendapatkan 2 kali tetes Polio ini,” kata Iman, Senin (30/1/2023).

Adapun untuk tahap pertama, kata Iman terdapat 13 kabupaten/kota yang melaksanakan Sub-PIN Polio putaran kedua yakni Kabupaten/kota Pidie, Pidie Jaya, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Tamiang, Aceh Singkil dan Aceh Selatan.

Sementara, 10 Kabupaten/kota lainnya seperti Aceh Besar, Simeulue, Kota Lhokseumawe, Bireuen, Banda Aceh, Aceh Utara, Sabang, Aceh Jaya, Langsa dan Subulussalam akan melaksanakan Sub-PIN polio putaran kedua pada 13 Februari 2023 mendatang.

“Imunisasi merupakan upaya penanggulangan yang paling mudah dan cepat untuk memutuskan mata rantai penularan virus polio,” jelas Iman.

Selain itu, ia menghimbau masyarakat agar tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan, guna terhindar dari virus polio. Pasalnya, virus polio dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen pada anak.

“Polio ini tidak bisa diobati dan hanya dapat dicegah melalui imunisasi. Hanya dengan pemberian imunisasi kita dapat mencegah penularan virus tersebut,” tuturnya.

Shares: