News

Info cuaca hari ini : Banda Aceh cerah berawan

Info cuaca hari ini : Banda Aceh cerah
Ilustrasi - Cuaca cerah berawan. ANTARA/Shitterstock/pri. (ANTARA/Shitterstock)

POPULARITAS.COM – Cuaca di Kota Banda Aceh, Kamis (4/1/2024), diprakirakan cerah berawan. Hal tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya.

Selain Banda Aceh, sejumlah kota lainnya yang juga diprediksi terjadi cuaca serupa, adalah Surabaya, Samarinda, Tarakan, Bandar Lampung, dan Kota Surabaya.

Sementara, sejumlah daerah lain yang di prakirakan hujan ringan, yakni, Denpasar, Serang, Bengkulu, Gorontalo, Ambon, Mataram, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, Padang, dan Medan.

Sedangkan wilayah Bandung, Semarang, Ternate, Manado, dan Palembang diprediksi hujan sedang. Sementara Kota Yogyakarta diprediksi hujan lebat pada siang hari dengan kelembapan 65-95.

BMKG mengingatkan masyarakat agar waspada potensi hujan disertai petir yang terjadi di wilayah Jambi, Banjarmasin, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, dan Pekanbaru.

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menyatakan bahwa potensi cuaca ekstrem masih perlu diwaspadai selama Januari 2024, akibat fenomena monsun Asia musim dingin.

“Fenomena tersebut berdampak pada potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksi cukup intensif,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) saat ini juga sudah memasuki wilayah Indonesia, dan dalam sepekan secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah.

Shares: