NewsTransportasi dan Logistik

Ramai warga Aceh melancong ke Penang dan Malaysia sepanjang liburan natal dan tahun baru

Ramai warga Aceh melancong ke Penang dan Malaysia sepanjang liburan natal dan tahun baru
Maskapai asal Malaysia, Air Asia bersiap lepas landas di Bandara SIM Blang Bintang, Aceh Besar, Maret 2019. (Dok. Muhammad Fadhil)

POPULARITAS.COM – Sepanjang musim liburan natal dan tahun baru, ramai warga Aceh yang berkunjung ke luar negeri. Hal tersebut terlihat dari melonjaknya jumlah penumpang pesawat internasional dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM).

Executive General Manager Bandara Sultan Iskandar Muda, Darmadi, dalam keterangannya, Kamis (4/1/2024) mengatakan,   terdapat kenaikan jumlah penumpang internasional dari terminal keberangkatan di Bandara SIM.

“Kenaikannya 79 persen dibandingkan tahun 2022,” terangnya.

Dia merincikan, jumlah penumpang internasional yang berangkat dari terminal Bandara SIM, pada H-7 sampai H+8 natal dan tahun baru 2023 adalah 9.378 orang. Sementara, pada tahun sebelumnya hanya 5.230. “Jadi kenaikannya capai 2 ribu lebih,” ujarnya.

Sementara, total penumpang penumpang domestik dan internasional yang datang dan berangkat melalui bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang dari H-7 sampai H+8 sebanyak 34.206 penumpang pada tahun 2023 atau naik 41 persen dibanding tahun 2022 sebanyak  24.271 penumpang.

Ia menjelaskan peningkatan tersebut juga terjadi pada jumlah penerbangan yang melayani penumpang yang berangkat keluar negeri yakni dari 45 penerbangan pada tahun 2022 menjadi 68 penerbangan atau naik 51 persen.

Ia mengatakan sesuai dengan data dari penumpang yang berangkat rata-rata mereka memanfaatkan momen libur natal dan tahun baru tersebut melancong ke Malaysia dan Penang.

Darmadi mengatakan pada libur natal dan tahun baru 2023-204 Bandara SIM telah menyiapkan rencana operasi. Rencana operasi dari sisi kesiapan personel dengan menyiagakan 131 personel baik dari internal maupun eksternal.

Ia mengatakan seluruh fasilitas pelayanan dan operasional dipastikan juga siap dalam melayani peningkatan lalu lintas penerbangan. Di mana jam operasi Bandara SIM dimulai dari jam 06.30 WIB hingga 18.30 WIB atau 12 jam operasi.

Shares: