News

Info cuaca hari ini : Kota Banda Aceh hujan Ringan

Info cuaca hari ini : Aceh akan dilanda hujan lebat
Ilustrasi - Hujan. (ANTARA/HO-Sutterstock).

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), perkirakan Kota Banda Aceh akan alami hujan ringan pada Senin (20/11/2003). Sementara itu, sejumlah wilayah lainnya di Sumatra, Pekan Baru dan Tanjung Pinang diprediksi terjadi hujan disertai petir.

Prakirawan BMKG Idhan Abubakar juga ingatkan masyarakat bahwa, periode peralihan musim bisa sebabkan cuaca ekstrem dan berpeluang terjadinya angin kencang, puting beliung, petir dan bahkan hujan es.

Di Pulau Jawa, BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas ringan berpotensi mengguyur Kota Serang, Jakarta, Bandung, dan Semarang. Adapun Yogyakarta dan Surabaya diprakirakan berawan hingga cerah berawan.

 

Kepulauan Sunda Kecil, yakni Bali dan Nusa Tenggara, BMKG memprediksi hujan dengan intensitas ringan terjadi di Kota Mataram dan cuaca cerah berawan hingga berawan berpotensi memayungi Denpasar serta Kupang.

 

Selanjutnya untuk wilayah Kalimantan, potensi hujan petir ada di Kota Tanjung Selor dan Banjarmasin. Hujan lebat di Kota Pontianak dan Mamuju, hujan petir di Kota Palu, sedangkan untuk Palangkaraya dan Samarinda diprediksi hujan ringan.

Di wilayah timur Indonesia, BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas ringan berpotensi terjadi di Kota Manokwari. Kemudian, langit berawan umumnya terjadi di Kota Ternate, Ambon, dan Jayapura.

Berdasarkan analisis citra satelit, BMKG melaporkan ada pertumbuhan awal signifikan di wilayah utara ekuator, yaitu di wilayah Natuna, Kepulauan Riau, dan Sumatera bagian utara.

Prediksi angin lapisan permukaan di wilayah Indonesia sebagian besar masih bertiup dari arah timur sampai dengan barat daya dengan kecepatan berkisar antara 10 sampai dengan 40 kilometer per jam.

BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi angin kencang dengan kecepatan lebih dari 50 kilometer per jam di wilayah Aceh, Sumatera bagian selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan bagian utara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Barat.

“Suhu udara di kota-kota besar di Indonesia berkisar antara 20 sampai dengan 35 derajat Celsius dengan kelembaban udara berkisar antara 45 sampai dengan 100 persen,” pungkas Prakirawan BMKG Idhan Abubakar.

Shares: