Syariat Islam

Ini doa berbuka puasa sesuai dengan tuntunan nabi SAW

Ini doa berbuka puasa sesuai dengan tuntunan nabi SAW
Ilustrasi, (Foto:merdeka)

POPULARITAS.COM – Selasa, 12 Maret 2024, seluruh umat muslim di Indonesia akan jalani Ibadah ramadhan. Penetapan awal puasa sendiri, telah diumumkan pemerintah melalui Menteri Agama RI Yaqult Qoumas pada Minggu (10/3/2024) di Jakarta.

Nah, ada banyak referensi bacaan dan doa saat berbuka. Namun, dari sejumlah referensi hadis yang diriwayatkan nabi Muhammad SAW, berikut beberapa adab dan doa saat berbuka puasa.

  1. Sebelum berbuka untuk membatalkan puasa, disunnahkan untuk memperbanyak doa. Hal ini sebagaimana tercantum dalam hadis

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ لَا تُرَدّ، دَعْوَةُ الْوَالِدِ، وَدَعْوَةُ الصّـَائِمِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ

“Dari Anas bin Malik Radhiyallahu’ anhu dia berkata, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Doa orang tua kepada anaknya, (2) Orang yang berpuasa ketika berbuka, (3) Do’a orang yang sedang safar (musafir).” Hadits Shohih [HR. al-Baihaqi 3/345 dan yang lainnya]. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani di dalam kitab Silsilah Ahaadits as-Shahihah no. 1797)

2. Hendaknya saat berbuka, diawali membaca bismillah, kemudian diikuti dengan bacaan sebagai berikut

“Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam apabila telah berbuka puasa, beliau berdoa :

ذَهَبَ الظّـَمَأُ وَابْتَلّـَتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

“Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.” Hadits Hasan, [HR. Abu Daud no. 2357, An-Nasa-i dalam As Sunan Al-Kubro no. 3315 dan selainnya. Lihat Irwaul Ghalil no. 920].

Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam apabila telah berbuka puasa, beliau berdoa : “Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.” Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki”

Shares: