News

Ini perintah Pj Bupati Aceh Besar kepada Kadis Distan

Ini perintah Pj Bupati Aceh Besar kepada Kadis Distan
Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto bersama Forkopimda dan OPD terkait melakukan sosialisasi dan disinfektan di sejumlah lokasi peternak sapi dalam wilayah Aceh Besar, Selasa (19/7/2022). Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto memerintahkan Kadis Pertanian setempat untuk mendata secara lengkap ternak yang telah sembuh penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Saya telah perintahkan Kadis Pertanian untuk mendata secepatnya ternak warga yang telah sembuh wabah PMK,” kata Muhammad Iswanto di Aceh Besar, Selasa (19/7/2022).

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela penyuntikan dan melakukan disinvektan ternak di sejumlah kelompok ternak di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar.

Ia menjelaskan ada banyak sapi milik warga yang dikunjungi telah sembuh, namun belum terdata dalam laporan rutin tingkat kesembuhan hewan ternak yang terkena PMK.

Karena itu ia meminta data tersebut dapat segera diperbaiki secepatnya sehingga progres penanganan PMK yang dilakukan linstas sektoral terlaksana dengan baik yang didukung dengan data kesembuhan hewan ternak.

Ia juga mengatakan dirinya juga telah memerintahkan Kadistan untuk membuka pusat panggilan hingga tingkat kecamatan untuk mempercepat penanganan kasus PMK di Aceh Besar.

Dalam kunjungan langsung ke tempat kelompok ternak Al Falah di Gampong Reudep, Kecamatan Montasik, Iswanto langsung melakukan penyemprotan disifektan pada ternak dalam upaya mencegah penyebaran PMK.

“Kita akan terus bergerak bersama-sama dan berkoordinasi dengan Dinas Peternakan Provinsi agar Aceh Besar mendapat prioritas dalam pemberian vaksin untuk mencegah dan menurunkan angka PMK di kabupaten ini,” katanya.

Kadis Peternakan Aceh, Zalsufran menyampaikan apresiasi terhadap langkah cepat Pj Bupati Aceh Besar, Muhammaf Iswanto dengan mengunjungi langsung ternak warga.

“Kita siap memberikan perhatian besar kepada Aceh Besar untuk penurunan wabah PMK terhadap ternak warga di Aceh Besar.

Dalam kunjungan langsung tersebut, Pj Bupati Aceh Besar turut didampingi Kapolres Aceh Besar, AKBP AKBP Carlie Syahputra Bustamam, Kepala Dinas Peternakan Aceh, Zalsufran dan Kasatpol PP dan WH Aceh Besar Muhajir, Kadis Pertanian, Jakfar dan sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten setempat.

Shares: