NewsOlahraga

IPSI Jaring Atlet untuk Popda 2020

BANDA ACEH (popularitas.com) – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banda Aceh menggelar kejuaraan pencak silat tingkat kota tersebut. Dalam kegiatan ini, 92 pesilat dari 10 perguruan ikut ambil bagian.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai 28-31 Oktober 2019 di Gedung Serbaguna Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banda Aceh, Sabri Badruddin mengatakan, kejuaraan ini sebagai ajang untuk menyeleksi atlet di kota tersebut guna mengikuti kejuaraan tingkat provinisi, salah satunya Popda 2020.

“Kejuaraan ini untuk menggairahkan kembali pencak silat di Banda Aceh dan mencari bibit pencak silat, di samping juga sebagai ajang seleksi untuk Popda tahun depan,” kata Sabri di sela-sela pembukaan kejuaraan itu, Senin, 28 Oktober 2019.

Dalam kejuaraan itu, kata Sabri, ada tiga kategori yang dilombakan yakni, pra-remaja, remaja, dan dewasa. Ia berharap, semua peserta dapat bertanding dengan sportif.

Dalam kesempatan itu, Sabri juga berharap Pemerinta Kota Banda Aceh untuk menaruh perhatian terhadap olahraga di kota tersebut, terutama pencak silat.

Apalagi, kata Sabri, pada PORA 2018 lalu di Jantho, cabang olahraga pencak silat telah mengharumkan Banda Aceh setelah meraih juara umum.

“Ke depan kita minta Pemko Banda Aceh serius membina berbagai cabang olahraga, terutama yang menjadi andalan penyumbang medali di PORA, di antara sekian banyak cabang olahraga Pemko harus fokus di beberapa cabang berpotensi dapat medali yang banyak,” tutur Sabri.

Sementara, Staf Ahli Bidang Keistimewaan, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kota Banda Aceh, Rizal Junaedi menyebutkan pemerintah akan terus mendukung setiap kegiatan olahraga di kota tersebut, terutama cabang pencak silat.

“Kita dari pemerintah kota terus mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, pencak silat ini juga merupakan salah satu olahraga warisan budaya,” kata dia.*(C-008)

Shares: