News

Iran ingatkan Israel stop pembantaian warga Palestina di Gaza

Iran ingatkan Israel stop pembantaian warga Palestina di Gaza
Petugas medis membawa korban serangan Israel ke sebuah rumah sakit di Gaza. (Anadolu)

POPULARITAS.COM – Iran beri peringatan keras kepada Israel, untuk segera hentikan pembantaian warga sipil Palestina di Gaza. Sebab, pengemboman yang dilakukan negera itu ke permukiman penduduk adalah kejahatan perang.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Iran Amir-Abdolahian, dalam konferensi pers di Kedutaan Iran di Beirut, usai kunjungannya ke Lebanon, Irak dan Suriah, dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (15/10/2023).

Menlu Iran itu juga ingatkan bahwa, pihaknya siap mendukung ‘front perlawanan’, termasuk Hizbullah guna memulai perang baru dengan Israel.

Menurut dia, prioritas utama saat ini adalah menghentikan kejahatan perang Israel, yang jika tidak dilakukan dalam beberapa jam ke depan akan terlambat.

Abdollahian mengatakan dirinya sudah berbicara dengan para pemimpin Front Perlawanan, termasuk Hassan Nasrallah dari Hizbullah, serta para petinggi kelompok Palestina seperti Hamas dan Jihad Islam.

Balasan terhadap kejahatan rezim Zionis akan membawa konsekuensi yang besar dan mengubah peta wilayah Palestina yang diduduki Israel, kata Abdollahian.

Ia menegaskan jika Israel masih terus melanjutkan kejahatan perang mereka, maka pasukan perlawanan siap memulai pertempuran baru atau menerapkan gencatan senjata.

Tanggung Jawab Barat

Abdollahian mengatakan kejahatan perang oleh Israel di Gaza harus diawasi oleh PBB dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI), dan pesan tersebut sudah disampaikan kepada Sekjen PBB Antonio Guterres.

Menlu Iran itu juga menegaskan bahwa dukungan Barat kepada Israel membuat mereka ikut bertanggung jawab atas pembunuhan anak-anak dan wanita di Gaza.

Ketika ditanya mengenai dampak dari situasi di Gaza terhadap proses normalisasi hubungan Israel-Arab Saudi, Abdollahian mengatakan bahwa hal itu benar-benar sudah gagal total.

Editor : Hendro Saky

Shares: