News

ISSI Aceh Jaya cari bibit atlet sepeda melalui Kejuaraan BMX

Tour De Sabang akan diramaikan 121 pesepeda dari sejumlah provinsi di Indonesia
Ilustrasi, pesepeda melewati salah satu tanjakan di Aceh Besar, Minggu (30/1/2022). | Foto: Disbudpar

POPULARITAS.COM – Ikatan Sepeda Sports Indonesia (ISSI) Aceh Jaya menggelar kejuaraan BMX Aceh Jaya Cup I di Sirkuit Pantai Lhok Buloh, Gampong Bahagia, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Sabtu (18/11/2023).

Ketua ISSI Aceh Jaya, Fitri Maya Lisa mengungkapkan, event ini merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan pihaknya untuk memberikan kesempatan bagi para remaja dalam mengisi kegiatan positif melalui jalur olahraga balap sepeda.

“Kejuaraan ini berlangsungnya selama dua hari dimulai hari ini dan besok, Minggu 19 November 2023,” ujarnya kepada popularitas.com, Sabtu (18/11/2023).

Kejuaraan ini sengaja dibuat dalam rangka memajukan olahraga sepeda sekaligus ajang pencarian bibit-bibit atlet sepeda yang nantinya akan mendapat pembinaan rutin untuk dipersiapkan dalam rangka menyambut PON Aceh Sumut dan PORA 2026, di mana Aceh Jaya bertindak sebagai tuan rumah.

“Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 150 orang perwakilan dari 9 kecamatan. Peserta yang bertanding dapat menunjukkan kemampuan dengan sebenar-benarnya, sehingga tim seleksi atlit dapat menilai dan dapat merekomendasikan untuk mendapatkan pembinaan lanjutan,” jelasnya.

Maya juga mengatakan, ISSI Aceh Jaya terus bergerak dan hadir sebagai wadah bagi putra dan putri terbaik Aceh Jaya dalam mengembangkan bakat di bidang olahraga sepeda.

“Kami terus berkolaborasi dengan semua pihak dalam menyukseskan event-event sepeda, baik yang sebentar lagi akan berlangsung, maupun kedepannya,” katanya.

“Kami sangat mengharapkan dukungan, baik dari pemerintah maupun lembaga lainnya. Karena apa yang telah kami rencanakan, semata-mata untuk kemajuan olahraga di Aceh Jaya,” tutupnya.

Sementara itu, menurut Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin, event seperti ini perlu dilakukan setiap tahun agar para generasi muda di Aceh Jaya mendapatkan kesempatan dalam ujuk kebolehan.

“Kita harus melakukan kegiatan seperti ini di setiap tahunnya. Kita harus terus menunjukkan keseriusan dalam menyambut PORA melalui event olahraga, bukan hanya di cabor balap sepeda saja, namun cabor lainnya,” ungkapnya.

“Kita perlu bersama dalam menggapai keberhasilan. Kita perlu satu misi dalam menyambut PORA 2026 nantinya,” pungkas Nurdin.

Dalam pembukaan kegiatan ini turut hadir Sekda Aceh Jaya, T Reza Fahlevi, Kadis Parekrafpora, Juanda, Ketua Umum KONI Aceh Jaya, Muslem HS beserta pengurus ISSI Aceh dan lainnya.

Shares: