News

Jemaah haji Banda Aceh meninggal dunia di Mekah

Satu jemaah haji asal Banda Aceh meninggal dunia di Mekah
Jemaah haji asal Banda Aceh yang meninggal dunia di Mekah dimakamkan di Syaraya. Foto: PPIH Aceh

POPULARITAS.COM – Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Seorang Jemaah Haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-11 asal Kota Banda Aceh, Abdullah Ali (66 tahun) meninggal dunia di Mekah, Minggu (18/6/2023).

Pemilik paspor E1585207 asal Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh tersebut meninggal dunia di Rumah Sakit King Abdul Aziz, jam 14.36 Waktu Arab Saudi (WAS).

Informasi meninggalnya Abdullah Ali disampaikan Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) kloter 11-BTJ, Ikhram, Senin (19/6/2023), melalui aplikasi perpesanan daring.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke rahmatullah salah seorang jamaah asal aceh yang tergabung dalam kloter BTJ-11 atas nama Abdullah Ali, tutup usia 66 tahun, meninggal di RS King Abdul Azis pukul 14.36 WAS. Semoga almarhum diterima di sisi Allah subhanahu wataala dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran,” tulis Ikhram.

Menurut sertifikat kematian (CoD) yang dilkeluarkan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah, Abdullah didiagnosa mengalami serangan jantung (infarct myocardial) karena ada kelainan yang terjadi pada pembuluh darah arteri koroner di jantung (coronary artery disease).

Ikhram juga mengatakan bahwa petugas kloter 11-BTJ bersama pihak maktab sudah melakukan proses pengurusan jenazah.

“Semalam sudah disalatkan di masjidilharam, dan ini baru selesai pemakaman di Syaraya,” kata Ikhram.

Sementara itu, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari mengatakan bahwa jemaah haji Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi bertambah menjadi 4 orang.

Sebelumnya, Muhammad Yusuf Dadeh (70 tahun) dari Kota Lhokseumawe yang tergabung dalam kloter 04-BTJ, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Madinah Almunawarah, Madinah, Minggu (4 Juni 2023).

Kemudian Marzuki bin Husen Hanafiah (70 tahun) dari kloter 06-BTJ asal Kabupaten Bireuen, meninggal dunia di KKHI Mekah, Rabu (7 Juni 2023) dan pada Jumat (9 Juni 2023), Razali bin Ibrahim Pekan (61 tahun) dari kloter 08-BTJ asal Aceh Utara juga meninggal dunia di Mekah.

Shares: