News

Jepang buang limbah nuklir ke laut, RI diminta bersikap tegas

Jepang membuang lebih dari satu juta ton air radioaktif yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) nonaktif Fukushima ke Samudra Pasifik. (Kyodo News/AP Photo)

POPULARITAS.COM – Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin menekankan pemerintah RI agar dapat bertindak tegas dengan keputusan Jepang membuang puluhan ribu ton air tercemar radioaktif dari PLTN Fukushima, Jepang.

Ia mengatakan dunia kini mengecam Negeri Sakura itu karena telah membuang limbah nuklir ke laut. Meski beberapa kalangan menganggap aman, banyak kalangan lain yang mengkhawatirkan dampak jangka panjangnya.

“Limbah nuklir memang bikin pusing dunia. Pembuangan limbah radioaktif yang aman hingga saat ini masih diperdebatkan. Kini Jepang justru membuang limbahan PLTN Fukushima ke lautan Pasifik,” tegasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (17/10/2023).

Ia menegaskan, siapa pun yang mendapatkan keuntungan dari industri nuklir harus bertanggung jawab atas olahan limbahnya.

“Karenanya, sepatutnya Jepang menghadapi reaksi penolakan masyarakat internasional atas tindakan cerobohnya. Bagaimanapun juga air limbah dimaksud telah terkontaminasi radioaktif, yang membahayakan bagi manusia dan lingkungan,” katanya.

Lebih lanjut, Politisi Fraksi PPP ini pun meminta agar Pemerintah Indonesia dapat mengurangi impor seafood dari Jepang. Ia meminta Indonesia juga memeriksa ketat produk seafood dari Jepang.

Shares: