EdukasiNews

Jika duri ikan tersangkut di tenggorokan, apa yang harus dilakukan, berikut tipsnya

Jika duri ikan tersangkut di tenggorokan, apa yang harus dilakukan, berikut tipsnya
Ilustrasi ikan goreng. FOTO : Bing.com

POPULARITAS.COM – Ikan merupakan salah satu jenis kuliner yang enak dan kerap jadi konsumsi masyarakat. Berbagai jenis ikan tersedia dalam berbagai pilihan, baik goreng, panggang dan juga kreasi lainnya.

Selain rasanya yang nikmat, ikan juga miliki duri yang tajam. Tak jarang, ketika memakan ikan, sesekali tulangnya tersangkut ditenggorokan. Ketika hal itu terjadi, rasanya sangat sakit dan teramat sulit untuk mengeluarkannya.

Kondisi tersebut, sebabkan seseorang mengalami kesakitan saat menelan makanan. Untuk itu, perlu segera dilakukan untuk mengeluarkan duri itu dari tenggorokan.

Lantas, bagaimana cara mudah untuk keluarkan duri yang tersangkut di tenggorokan?. dr Kevin Mak, berbagi tips kepada masyarakat jika mengalami situasi seperti itu.

Menurut dr Kevin Mak, dikutip dari beritasatu.com-jaringan popularitas.com, Minggu (14/1/2024), jika seseorang mengalami masalah dengan tulang ikan yang menancap di tenggorokan, langkah pertama yang dapat diambil adalah dengan mengonsumsi makanan lembut. Makanan seperti gumpalan nasi atau mentega dapat membantu melunakkan tulang atau makanan yang nyangkut di dalam tenggorokan.

“Kalau ada tulang ikan atau makanan yang nyangkut di tenggorokan Anda, yang pertama bisa makan makanan yang lembut. Contohnya seperti gumpalan nasi atau mentega untuk melunakkan tulang atau makanan yang nyangkut di dalam tenggorokan,” kata dr Kevin Mak, dikutip dalam akun TikToknya @drkevinmak, Sabtu (13/1/2024).

Langkah kedua adalah meminum minuman bersoda. Kandungan dalam minuman bersoda dapat membantu melunakkan makanan yang nyangkut dan meningkatkan produksi gas dalam lambung. Hal ini dapat mempermudah benda yang nyangkut jatuh dan masuk ke dalam lambung.

Apabila kedua cara tersebut tidak berhasil, dr Kevin menyarankan untuk segera memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) atau spesialis yang berkompeten dalam penanganan masalah tenggorokan.

“Dan yang ketiga kalau cara di atas semua gagal Anda bisa cek ke dokter THT, nanti bisa dimasukkan selang dengan kamera seperti ini plus menggunakan alat khusus untuk mengambil benda atau makanan yang nyangkut di tenggorokan,” pungkasnya.

Dengan mengetahui langkah-langkah ini, diharapkan masyarakat dapat lebih waspada dan siap mengatasi situasi yang mungkin terjadi saat menikmati hidangan ikan. Kesehatan tenggorokan yang baik adalah kunci untuk menikmati kuliner tanpa hambatan.

Shares: