NewsPemilu 2024

Ganjar usul isu Wadas dan Rembang dibahas khusus di debat Capres

Ganjar usul soal Wadas dan Rembang dibahas khusus di debat Capres
Calon Presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan awak media usai bersilaturahmi dengan para kyai kampung di Pondok Tahfid Hamalatul Quran, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat malam (12/1).

POPULARITAS.COM – Ganjar Pranowo usulkan agar isu Wadas dan Rempang dapat dibahas pada debat Capres ke-4 pada tanggal 21 Januari 2024 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh capres nomor urut 3 itu, Minggu (14/1/2024) di Jakarta.

Menurutnya, pembangunan tambang batu andesit di Wadas dan Pabrik Semen di Rembang, Jawa Tengah, penting untuk dibahas secara khusus. Sebab, katanya, kedua isu itu kerap dijadikan kritikan kinerja kepada dirinya saat dua periode jabat gubernur di provinsi tersebut.

“Saya bersyukur jika itu nanti dibahas di debat Capres. Bisa jadi momentum klarifikasi dan penjelasan kepada masyarakat,” katanya dikutip dari laman Antara.

Dia menjelaskan dua pembangunan yang kerap dikritisi itu merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Sebagai gubernur yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, Ganjar mengakui harus menyelesaikannya sebagai tanggung jawab.

Meski demikian, dia juga mengaku bersyukur karena dua proyek pembangunan itu tetap selesai meski kerap mendapat penolakan hingga kritik. Selain itu, Ganjar merasa ada keputusannya yang pro-lingkungan namun kerap tidak terekspos.

Dia mengaku sempat menolak izin pembangunan pabrik semen di Kebumen dan tambang emas di Wonogiri yang bukan merupakan PSN.

“(Ditolak) karena tidak memenuhi syarat lingkungan,” katanya.

Ada sejumlah tema besar yang diangkat pada debat keempat, yakni energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Sejauh ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI belum mengumumkan lokasi penyelenggaraan debat keempat. Nama moderator dan panelis juga belum disampaikan.

Shares: