News

Jokowi Larang Erick Thohir Beli Klub Bola Pakai Duit BUMN

[foto: Kompas.com]

JAKARTA (popularitas.com) – Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir sempat berkelakar bahwa dirinya sudah diwanti-wanti oleh Presiden Joko Widodo. Larangan itu berkaitan dengan hobi Erick membeli klub olahraga.

“Cuma satu yang tidak boleh Bu (Rini Soemarno), dari Bapak ke saya: enggak boleh beli klub bola pakai uang BUMN. Jadi yang lain boleh, yang itu enggak boleh,” ujar Erick sambil bergurau saat menyampaikan pidato dalam acara serah terima jabatan Menteri BUMN dari Rini Soemarno kepadanya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019.

Erick Thohir bahkan sampai meminta Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro untuk mengingatkannya apabila lupa soal larangan membeli klub bola tersebut. “Kalau saya lupa tolong diingatkan Pak Sekjen,” katanya berkelakar.

Dalam sambutannya juga, Erick mengatakan bahwa selama satu periode ke depan ia sangat terbuka dengan masukan dan kritik. Namun, ia berharap masukan yang diberikan bisa disertai dengan solusi. “Kalau hanya komplain saja, malas dengarnya,” tutur dia.

Erick mengatakan, tugas sebagai Menteri BUMN sangatlah berat. Sebab, apabila mempelajari soal korporasi, perusahaan biasanya berorientasi kepada keuntungan. Namun, di realitanya, perusahaan pelat merah juga adalah lokomotif untuk pembangunan Indonesia.

“Kalau bicara pembangunan jangka panjang return of investmentnya juga enggak ketemu. Tapi apa pun itu, kalau hanya diperdebatkan tidak ada titik temunya,” ujar Erick Thohir.

Ia juga mengingatkan bahwa BUMN adalah agen perubahan Indonesia. Jadi, selain berbicara kinerja, ia juga berharap kesejahteraan masyarakat Indonesua tercapai.

Ke depannya, dengan mengemban nama Kabinet Indonesia Maju, Erick mengatakan itu adalah sebuah hasil yang diharapkan bisa menjadi kenyataan bagi rakyat Indonesia. Oleh karena itu ia juga akan membangun ekosistem yang sehat di tataran BUMN, BUMD, dan BUMS, sehingga Indonesia tidak lagi hanya jago kandang, melainkan bisa menjadi pemain global.

“Ini gimana kita bisa incorporation bersama-sama yang ada di sini, yang ada di luar, untuk terus berkompetisi. Kita yakin, apalagi Pak Presiden sudah bilang di pidatonya bahwa 2045 kita akan jadi negara maju dan ini harus jadi sesuatu yang bukan hanya di awang-awang tapi harus mulai dari sekarang,” kata Erick Thohir.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menunjuk Erick Thohir sebagai Menteri BUMN dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Komisaris Utama PT Mahaka Media Tbk. itu resmi menggantikan Rini Soemarno.

Di kalangan penggemar olah raga, nama Erick Thohir terkenal setelah sempat menjadi pemilik klub sepak bola ternama Italia, Inter Milan pada tahun 2013-2019 dan klub Liga Basket Amerika Serikat NBA, Philadelphia 76ers pada 2012. Di tingkat nasional, Erick merupakan pendiri klub basket Satria Muda dan merupakan Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat.

Sumber: Tempo

Shares: