HukumNews

Jumlah kasus kecelakaan lalu lintas di Aceh meningkat bulan ini

Berdasarkan data yang dihimpun dalam anev Operasi Seulawah 2023, kecelakaan lalu lintas di Provinsi Aceh didominasi pengendara berusia produktif, yaitu 16—30 tahun.
Dirlantas Polda Aceh, Kombes M Iqbal Alqudusy. Foto: dok. Humas Polri

POPULARITAS.COM – Jumlah kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang terjadi di Tanah Rencong meningkat pesat di bulan Oktober 2023 ini, dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Aceh mencatat, sejak tanggal 1 hingga 24 Oktober 2023 hari ini ada 251 kasus kecelakaan yang terjadi di daerah ujung barat Sumatra itu.

Dimana jumlah korban jiwa dalam peristiwa itu mencapai 38 orang, sementara korban luka berat sebanyak 17 orang dan luka ringan 370 orang, dengan kerugian materil mencapai Rp637 juta lebih.

“Sementara bulan September per tanggal yang sama jumlah kecelakaan sebanyak 222 kasus, korban meninggal 30 orang, luka berat 10 orang dan luka ringan 352 orang, kerugian materilnya mencapai Rp442 juta lebih,” ungkap Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy kepada popularitas.com, Selasa (24/10/2023).

Iqbal juga menjelaskan bahwa dari jumlah tersebut kecelakaan yang paling banyak terjadi di bulan Oktober 2023 yakni di wilayah hukum Polresta Banda Aceh dengan jumlah 58 kasus.

“Berada di peringkat paling tinggi, kemudian disusul oleh Polres Bireuen dengan 30 kasus dan Polres Aceh Timur dengan 24 kasus,” katanya.

Dirinya pun berharap agar seluruh masyarakat Aceh dapat lebih berhati-hati dan selalu waspada saat berkendara di jalan raya guna terhindar dari kecelakaan yang tak diinginkan.

“Bagi para pengendara roda empat atau lebih, dianjurkan agar tidak berkendara saat dalam kondisi yang kurang sehat atau pun mengantuk,” ucapnya.

“Begitu juga dengan pengendara roda dua, patuhi segala aturan lalu lintas demi keselamatan bersama,” pungkas mantan Kabid Humas Polda Jawa Tengah ini.

Shares: