HeadlineNews

Luhut menyepi di tengah hingar bingar politik tanah air

Luhut : Ada potensi gas 24 triliun cubic fee di wilayah Andaman Aceh
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. ANTARA/Ade Irma Junida/pri. (ANTARA/Ade Irma Junida)

POPULARITAS.COM – Peran Luhut Binsar Panjaitan di Pemerintahan Joko Widodo sangat vital. Kepiawaian Menko Marves tersebut dalam banyak hal, membuat presiden sangat mempercayainya. Sebab itu, lelaki kelahiran 28 September 1947 itu, kerap mendapatkan tugas-tugas khusus dari Jokowi.

Namun, sejak awal Oktober 2023, lelaki yang kerap disapa Opung LBP itu sakit dan memilih Singapura sebagai tempat perawatannya. Sebelum terbang ke negeri singa itu, Luhut sempat jalani perobatan ditanah air.

Pada tanggal 10 Oktober 2023, lewat akun Instagram pribadi-nya @luhut.pandjaitan pada Selasa (10/10), menjelaskan bahwa dirinya disarankan oleh dokter untuk beristirahat selama beberapa hari. Kondisi kesehatan Luhut tiba-tiba melemah setelah menghadiri suatu kegiatan.

Setelah mendapat tawaran dari koleganya yakni Senior Minister Singapura Teo Chee Hean dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan, Luhut memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura, sekaligus melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif.

Menteri Luhut, kerap disebut-sebut sebagai tangan kanan Presiden RI Joko Widodo. Karna itu, banyak tugas-tugas negara dipercayakan kepada suami Devi Simatupang tersebut.

Kini, sudah hampir tiga minggu Opung Luhut dirawat di Singapura, Ia istirahat dan bahkan tak terdengar apapun pernyataannya terkait dengan hingar bingar politik di tanah air.

Hinggar bingar putusan MK, pencalonan Gibran berpasangan dengan Prabowo dan segala aspek kehidupan politik kenegaraan nyaris sepi tanpa kehadiran Luhut.

Lelaki yang kerap berada disamping Jokowi itu dan selalu pasang badan membela presiden tersebut, kini tampaknya memilih diam dan istirahat.

Dinamika politik tanah air yang sedikit panas dan bergejolak, lagi-lagi tanpa kehadiran Opung Luhut membersamai Presiden Joko Widodo.

Luhut seorang patriot, tentu Ia paham berdemokrasi dan menjadi warga negara yang baik. Dirinya pasti sudah menduga jauh-jauh hari konstelasi politik nasional akan seperti saat ini. Karna itu, lelaki itupun memilih menyepi.

Tidak ada informasi apapun terkait dengan kondisi kesehatan LBP, bahkan santer dikabarkan pria tersebut telah sampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Menko Marves kepada Presiden Joko Widodo.

Namun, kabar pengunduran diri LBP ditepis oleh koleganya Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. “Gak kok, saya gak dengar soal itu,” katanya dikutip dari laman Antara, Selasa (24/10/2023).

Bahlil mengatakan kondisi kesehatan Luhut terus membaik. Dia meminta publik untuk terus memanjatkan doa agar Luhut dapat segera pulih dan beraktivitas normal kembali.

“Alhamdulillah Opung (Luhut) sudah membaik. Insya Allah kita doakan biar cepat pulih bisa kembali untuk beraktivitas seperti sedia kala,” ujar Bahlil.

Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjalankan tugas harian sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim untuk menggantikan sementara Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang sakit.

Jokowi juga mengajak masyarakat untuk mendoakan Luhut Pandjaitan agar segera diberikan kesembuhan.

Editor : Hendro Saky

Shares: