News

Jumlah korban dipihak Israel capai 1.000 orang akibat serangan Hamas

Jumlah korban dipihak Israel capai 1.000 orang akibat serangan Hamas
Roket diluncurkan oleh kelompok militan Palestina Hamas dari Jalur Gaza menuju Israel, di Gaza, Sabtu, 7 Oktober 2023. (AP)

POPULARITAS.COM – Israel mengkonfirmasi bahwa jumlah korban jiwa di pihaknya capai 1.000 orang pasca serangan Hamas yang terjadi sejak 7 Oktober 2023. Hingga saat ini, para petempur sayap militer tersebut masih lancarkan berbagai serangan disejumlah kota di Israel.

Informasi mengenai jumlah korban tewas Israel itu, beritakan oleh surat kabar Haaretz yang mengutip keterangan resmi Kedutaan Besar Israel di Washington.

Sementara itu, pejabat di Tel Aviv tidak memberikan konfirmasi apapun terkait dengan laporan surat kabar itu. Namun sebelumnya, pihak berwenang menyampaikan bahwa, 900 orang meninggal dan 2.806 lainnya terluka akibat serangan mendadak Hamas.

Hamas menyatakan serangan itu dilancarkan sebagai reaksi atas serangkaian pelanggaran yang dilakukan Israel di kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki Israel, juga atas peningkatan kekerasan oleh kalangan pemukim Israel.

Israel membalas serbuan Hamas itu dengan serentetan serangan udara ke Jalur Gaza serta dengan memblokade wilayah itu, yang ditinggali oleh hampir 2,3 juta orang.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, sedikitnya 830 warga Palestina tewas dan 4.250 lainnya terluka dalam bombardemen yang dilakukan Israel di Jalur Gaza.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan akan menggunakan seluruh kekuatan yang dimiliki Israel untuk menghancurkan kemampuan Hamas, serta untuk “melakukan pembalasan atas hari yang kelabu ini.”

Editor : Hendro Saky

Shares: