News

Kabut Asap Mulai Merambah Aceh

Ilustrasi kabut asap | Foto Detik

BANDA ACEH (popularitas.com) – Dalam sepekan terakhir, kabut asap mulai menyelimuti berbagai daerah di Aceh. Asap kiriman dari kebakaran hutan dan lahan dari provinsi luar Aceh tersebut, mulai terlihat dan terpantau sejak Rabu, 18 September 2019.

Kepala Seksie Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar Zakaria, menyebutkan sebaran asap memang sudah dekat dengan Aceh. Apalagi tidak ditemukan titik api beberapa hari terakhir di wilayah Aceh.

“Dalam analisa kami, kabut yang menyelimuti sebagian wilayah Aceh kami duga kemungkinan adalah kabut asap yang terbawa oleh angin dari karhutla yang terjadi di propinsi lain,” kata Zakaria saat dikonfirmasi, Kamis, 19 September 2019. 

Hal itu juga dikuatkan dengan laporan dari masyarakat, yang menyebutkan kabut asap sudah menyelimuti daerah mereka. Seperti di Kota Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Bireuen, Aceh Tamiang dan Aceh Singkil.

Sementara di Lhokseumawe, akibat kabut asap tersebut jarak pandang/visibility berkisar antara 2 hingga 4 kilometer.

“Begitu juga setelah kami chek ke Stasiun Meteorologi (BMKG) Malikussaleh Lhokseumawe, jarak pandang /visibility berkisar antara 2-4 KM,” ujar Zakaria.

Untuk itu, BMKG mengimbau agar masyarakat yang daerahnya terpapar kabut asap, untuk menggunakan masker jika berada di ruangan terbuka.

“Dengan kualitas udara menurun, kita imbau agar masyarakat memakai masker saat berada di luar ruangan,” ujarnya. (DRA)

Shares: