News

Tips Memilih Menu Sahur dan Berbuka

RAMADHAN sudah berjalan satu hari. Umat Islam di seluruh dunia menjalankan puasa sebulan penuh sebelum menyambut Idul Fitri. Nah, dari pelbagai serba-serbi seputar Ramadan, seputar kuliner saat sahur dan berbuka merupakan menu menarik untuk dibahas.

Penganan selama Ramadan biasanya disajikan agak berbeda oleh kebanyakan orang dibandingkan dengan hari biasa. Masyarakat kerap menyajikan kuliner khas saat berbuka puasa dan sahur. Pasalnya menahan lapar dan haus sehari penuh, mesti dibarengi dengan asupan yang memadai untuk menjaga tubuh tetap fit selama berpuasa.

Akan tetapi, kerap kali puasa dijadikan alasan bagi sebagian orang untuk melahap makanan secara berlebihan pada saat sahur dan berbuka. Padahal ketidaksesuaian antara kebutuhan tubuh dan nafsu makan yang tidak terkendali akan berpengaruh terhadap kebugaran tubuh. Alhasil Anda dianjurkan untuk menikmati dan menyajikan menu makanan sesuai dengan kebutuhan.

Dena Lesmana, Chef di Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta membagikan kiat menyajikan menu masakan saat berbuka maupun sahur di rumah secara sederhana.

Dia menyarankan agar penganan puasa itu sudah diatur sejak mulai sahur. Menurutnya, sajian sayur sup ayam patut dipertimbangkan menjadi menu pertama. Sebaiknya saat sahur, masyarakat sebaiknya menghindari makanan dengan bahan utama daging.

“Menghindari daging agar kita tidak mudah haus dan panas dalam. Terlebih Anda harus memberi waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan diri,” katanya.

Tambahan sup dan sayur mayur diyakini akan memberikan asupan baik bagi tubuh. Dia menjelaskan kandungan protein dan berbagai vitamin akan membantu menjalani puasa dengan lancar. Syarat ini, juga perlu didukung dengan buah-buahan.*

Sumber: Okezone.com

Shares: