Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Kalender Event 2023 dan target 2,5 juta wisatawan ke Aceh

Kalender Event 2023 dan target 2,5 juta wisatawan ke Aceh
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Alminuzal Kamal, saat pimpin rapat persiapan peluncuran kalender even 2023, Sabtu (25/2/2023). FOTO : Disbudpar Aceh

POPULARITAS.COM – Pemerintah Aceh menargetkan jumlah kunjungan wisatawan tahun 2023 sebanyak 2,5 juta orang, baik domestik maupun mancanegara. Karena itu, di tahun ini, sebanyak 76 even budaya dan wisata disiapkan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadibudpar) Aceh, Almunizal Kamal, Sabtu (27/2/2023) mengatakan, untuk mencapai target 2,5 juta kunjungan itu, pihaknya telah mempersiapkan puluhah even, dan ragam wisata yang nantinya akan digelar di provinsi ujung barat Sumatra tersebut.

Kalender even yang dikemas dalam khazanah piasan nanggroe (KPN) 2023 itu, katanya lagi, akan diluncurkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, Selasa (28/2/2023) mendatang.

Sebanyak 76 even yang akan diluncurkan pihaknya itu, jelas Almunizal lagi, merupakan kolaborasi antara pemerintah Aceh dan kabupaten dan kota. Upaya tersebut jadi bagian penting capai target 2,5 juta wisatawan tahun ini.

Dan bahkan, jelasnya lagi, dari 76 even budaya dan wisata yang digelar oleh pemerintah itu, 3 diantaranya masuk dalam Karisma even nusantara (KEN) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yakni Sabang Marine Festival, Aceh Ramadhan Festival, dan Aceh Culinary Festival (ACF).

Bahkan, kata Almuniza, ACF atau Festival Kuliner Aceh masuk ke dalam Top 10 Kharisma Event Nusantara 2023. ACF 2023 rencananya bakal digelar pada Juli mendatang.

Oleh sebab itu, Almuniza berharap setiap pelaksanaan event Khazanah Piasan Nanggroe mampu meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan perekonomian lokal dan memberikan dampak positif pada ekonomi, sosial, budaya, serta lingkungan.

“Tahun ini kita insyaallah akan melaksanakan perhelatan akbar Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VIII pada Agustus mendatang. Kegiatan ini dipastikan bakal menyedot perhatian wisatawan untuk berkunjung ke Banda Aceh,” ungkap Almuniza.

“Target kita tahun ini Aceh dikunjungi 2,5 juta wisatawan. Untuk mencapai itu semua, tentunya kita semua harus berkolaborasi untuk mengerakkan perekonomian dan promosi pariwisata melalui event budaya dan atraksi wisata, sport tourism hingga event-event yang berkaitan dengan festival,” sebutnya lagi.

Almuniza menambahkan, peluncuran Khazanah Piasan Nanggroe juga bakal berbarengan dengan launching Aceh Culinary Festival. Acaranya digelar di lokasi yang sama atau tepatnya di Rumoh Cut Meutia. 

“Konsepnya kita buat suasana gampong Aceh di Jakarta. Ada atraksi teatrikal masyarakat Aceh zaman dulu. Selain itu juga terdapat khanduri kuah beulangong sebagai ajang silaturahmi warga Aceh di Jakarta dan promosi Khazanah Piasan Nanggroe 2023,” pungkasnya. []

Shares: