News

Kankemenag Sabang Tingkatkan Kualitas Perpustakaan Masjid

Kankemenag Sabang Tingkatkan Kualitas Perpustakaan Masjid

POPULARITAS.COM – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Sabang melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam melakukan kunjungan ke Masjid Baiturrahim Gampong Kuta Timue Kecamatan Sukakarya Kota Sabang.

Kunjungan ini dalam rangka mendata perpustakaan masjid serta meningkatkan kualitas perpustakaan tersebut, Rabu, (14/10/2020).

Adapun Tim yang mengunjungi Masjid Baiturrahim adalah Plh Kakankemenag Kota Sabang, Zainuddin S Ag, Kasubbag TU Kankemenag Sabang Alfaizin S Pd I MM, dan Penyusun Bahan MTQ Kankemenag Sabang Drs H Kamaruddin. Dalam kesempatan tersebut, Zainuddin S Ag mengutarakan tentang fungsi perpustakaan masjid.

“Fungsi perpustakaan masjid adalah sebagai tempat untuk mendapatkan referensi tentang berbagai keilmuan baik itu dari aspek keubudiyahan ataupun aspek muamalah jamaah. Semoga perpusatakaan masjid ini bisa menjadi sesuatu yang fundamental dalam usaha meningkatkan spiritual jamaah dan masyarakat pada umumnya,” ungkap Zainuddin.

Di kesempatan yang sama Alfaizin S Pd I MM menyampaikan, ini adalah tantangan bagaimana semua pihak bisa membuat perpustakaan menjadi sentral keilmuan.

“Untuk meningkatkan kualitas keilmuan ummat baik dalam sisi ibadah, muamalah maupun syariah penting untuk membuat perpustakaan menjadi tempat yang nyaman dan menarik sehingga masyarakat akan betah di perpustakaan tersebut,” kata Alfaizin.

Seperti diketahui pada tahun 1914 Masjid Baiturrahim Gampong Kuta Timue merupakan masjid pertama di Nusantara yang dibangun oleh Sabang Maatschappij (Perusahaan Belanda yang mengelola pelabuhan bebas Sabang), sebagai salah satu fasilitas perjalanan Embarkasi Jamaah Haji asal Indonesia.[adv]

Shares: