News

Kapolda Aceh pastikan PON dan Pilkada 2024 aman dan terkendali

Kapolda Aceh pastikan PON dan Pilkada 2024 aman dan terkendali

POPULARITAS.COM – Kapolda Aceh, Irjen Pol Achmad Kartiko menegaskan bahwa pihaknya siap mendukung program pemerintah, baik secara nasional maupun daerah.

Seperti diketahui, kegiatan besar yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat adalah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut serta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

“Kita akan melihat keadaan secara nasional terkait PON dan Pilkada. Kemudian, dalam pelaksanaannya, kepala daerah nantinya juga akan berkoordinasi ke pusat atau nasional,” ujarnya, Jumat (21/6/2024).

“Intinya Polda Aceh siap mendukung keamanan dalam setiap event dan program pemerintah,” ucap Achmad Kartiko lagi.

Khusus PON, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, panitia PON Aceh-Sumut serta KONI terkait dukungan pengamanan, mulai dari acara pembukaan, penempatan atlet dan official, perjalanan para official ke tempat pertandingan, hingga dengan selesai pertandingan.

“Nanti juga ada Karo Ops yang akan berkoordinasi dengan pihak pam (pengamanan) dalam penyelenggaraan PON. Kemudian untuk Pilkada, kita sudah melakukan pemetaan terkait potensi kerawanan yang ada pada tiap kabupaten kota,” ungkapnya.

Polda Aceh juga akan membuat indeks kerawanan yang ada di Tanah Rencong. Nanti dari dasar itulah, pihaknya menerbitkan pemetaan untuk jenis ancamannya apa, dan baru menyusun rencana pengamanan mengantisipasi ancaman itu, baik pada perhelatan PON maupun Pilkada serentak.

“Intinya kita menjamin bahwa situasi di Aceh selalu aman, sejuk dan damai. Kita juga sudah siap menyambut perhelatan atau event tingkat nasional ini,” pungkas Kapolda Aceh.

Shares: