News

Kapolda ungkap situasi terkini arus mudik di Aceh

Kapolda pastikan Aceh kondusif jelang kunjungan Presiden Jokowi
Kapolda Aceh, Irjen Pol Ahmad Haydar. Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar menyatakan bahwa sejauh ini arus mudik di wilayah Tanah Rencong masih dalam batas normal, namun pihaknya tetap memperkuat pengamanan.

“Kita masih melalui jalur normal, karena arus mudik yang ada di wilayah Aceh masih dalam batas normal,” kata Irjen Pol Ahmad Haydar, dikutip dari laman Antara, Rabu (19/4/2023).

Hal itu disampaikan Irjen Pol Ahmad Haydar saat melakukan pengecekan posko mudik Lebaran Idul Fitri di Pelabuhan Ulee Lheue dan terminal bus Kota Banda Aceh.

Karena masih normal, kata Haydar, pihaknya belum melakukan rekayasa lalu lintas pada setiap lintasan mudik di Aceh. Namun, jika terjadi perubahan kondisi jelang hari H nanti, maka baru dilakukan upaya lainnya.

“Tidak tahu nanti mendekat hari H Lebaran mungkin kami akan ambil jalan berbeda. Insya Allah kita bisa melakukan pengamanan arus mudik dan arus balik dengan lancar,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Haydar menyampaikan bahwa untuk pelabuhan Ulee Lheue saat ini terjadi peningkatan penumpang yang melakukan mudik ke Sabang, sehingga ada penambahan trip dari sebelumnya tiga kali sudah menjadi enam trip.

“Nanti ketika sudah mulai ada peningkatan penumpang lagi maka akan dinaikkan menjadi delapan trip bahkan 10 trip,” katanya.

Kemudian, lanjut Haydar, mengenai permasalahan parkir di pelabuhan Ulee Lheue telah diamanahkan kepada Dinas Perhubungan untuk mengaturnya dengan baik, sehingga tidak terjadi lagi penumpukan kendaraan seperti tahun sebelumnya.

“Tahun yang lalu banyak terjadi penumpukan satu tempat parkir yang tidak tertata dengan rapi. Tadi sudah saya sampaikan ke Dishub untuk mengatur tempat parkir,” ujarnya.

Haydar menambahkan, untuk angkutan mudik jalur darat dari Aceh ia sudah memastikan para sopir sudah aman dari pengaruh narkoba. Karena telah dilakukan pengecekan kesehatan para pengemudi.

“Kesiapan pengemudi dalam hal ini sudah tidak ada gangguan narkoba, sudah di tes itu masalah heroin, ganja, sabu-sabu maupun obat-obatan. Tadi kami lihat hasilnya negatif,” kata Ahmad Haydar.

Shares: