News

Kawanan gajah rusak kebun dan sawah warga di Pidie

Kawanan gajah rusak kebun dan sawah warga di Pidie
Arsip Foto - Gajah liar memasuki perkebunan kopi warga KM 37 Jabal Antara, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara, Aceh, Ahad (3/7/2022). (ANTARA FOTO/Rahmad)

POPULARITAS.COM – Puluhan hektar padi warga dan juga kebuh rusak akibat kawanan gajah yang masuk ke permukiman warga. Peristiwa itu diketahui masyarakat dari jejak kaki dan bekas kaki hewan di lindungi tersebut.

Kejadian itu terjadi di persawahan Gampong Blang Tho Kemukiman Tongpudeng, Titue, Pidie, Kamis (15/3/2023). Menurut informasi yang dihimpun popularitas.com, peristiwa masuknya kawanan gajah itu diperkirakan malam hari, sebab jejak kaki dan kerusakan baru diketahui pada pagi harinya.

Terkait dengan masuknya kawanan gajah liar ke permukiman warga di Gampong Blang Tho, dibenarkan oleh Camat Titue Fakhuruddin saat dikonfirmasi popularitas.com, Jumat (17/3/2023). “Iya benar, informasi yang kita dapatkan kebun dan padi warga alami kerusakan,” katanya.

Menurut informasi yang didapatkan dirinya dari masyarakat, jumlah gajah yang masuk ke permukiman warga diperkirakan 20 ekor. Hal tersebut diketahui dari jejak kai yang berbekas di persawahan.

Hingga saat ini kawanan gajah liar tersebut masih berkeliaran di areal perkebunan warga Titeue di areal Cot Mamplam.

Kata dia, masyarakat Titeue sangat mengharapkan intansi terkait untuk dapat mengambil langkah pengusiran gajah itu.

Editor : Hendro Saky

Shares: