News

Kebakaran Hutan di Bener Meriah Meluas

Petugas memadamkan api di lahan yang terbakar di Bener Meriah. (ist)

POPULARITAS.COM – Kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah kembali meluas. Kali ini, terpantau 10 hektare hutan hangus terbakar.

Saat ini tim gabungan yang terdiri TNI dan petugas pemadam kebakaran kembali memadamkan api di kawasan tersebut.

Komandan Kodim 0119 BM Letnan Kolonel Inf Valyan Tatyunis melalui Danramil 01 Bandar Kapten Inf Elfin Junaidi, mengungkapkan petugas sedikit kesulitan untuk memadamkan api karena hembusan angin berhembus kencang sehingga api begitu cepat menyebar ke lokasi lainnya.

Baca: 8 Hektare Hutan di Bener Meriah Diduga Sengaja Dibakar

“Sangat disayangkan, kebakaran hutan masih terjadi, kita belum dapat memastikan penyebab kebakaran tersebut, akan tetapi kita mendukung penuh pihak kepolisian dalam mengungkap  pembakaran lahan tersebut,” kata Kapten Inf Elfin Junaidi, Rabu (4/7/2021).

Kata dia, jarak lokasi kebakaran lahan dari koramil hanya berjarak lima kilometer, angin yang bertiup kencang menyulitkan petugas dalam memadamkan api tersebut.

“Alhamdulilah saat ini api sudah dapat dipadamkan dengan menggunakan empat mobil pemadam dan Satu unit mobil Pengisi Air,” katanya.

Untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait, untuk memberikan edukasi juga mensosialisasikan kepada masyarakat, tentang bahaya dan dampak dari membakar lahan apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau.

“Lokasi kebakaran ini akan terus kita pantau, apalagi hutannya dipenuhi rumput ilalang jadi sangat mudah terbakar dan menjalar ke lahan lain,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: