News

Kepala BNPB Sambangi Gua Tsunami Purba

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo, dalam lawatannya ke Aceh sempat mengunjungi Gua Ek Leuntie yang mencatat tsunami purba di Aceh, Rabu, 7 Agustus 2019.

Gua Ek Leuntie berada di Gampong Meunasah Lhok, Kecamatan Lhong, Kabupaten Aceh Besar.

Kepala BNPB tersebut mengatakan, gua Ek Leuntie menjadi bukti bahwa peristiwa gempa dan tsunami bisa terjadi berulang-ulang.

“Ini menunjukkan bukti sejarah, fakta, bahwa gempa dan tsunami ini peristiwa berulang,” katanya.

Dia pun berpesan, jejak-jejak sejarah semacam di gua Ek Leuntie ini dapat menjadi panduan untuk masyarakat memilih tempat pemukiman yang aman.

Sekaligus dia mengimbau, agar masyarakat  tidak menempati bangunan-bangunan yang cepat rusak ketika seandainya terjadi gempa dan tsunami.

“Kita bertanggung jawab menyampaikan pesan kepada generasi ke depan, agar tidak menempati daerah-daerah yang pernah terjadi peristiwa masa lalu,” ujarnya.

Letjen Doni Monardo dalam lawatan kerjanya ke Aceh, yang paling utama sebenarnya adalah membahas soal kebakaran hutan dan lahan– terutama di wilayah Aceh Barat– yang kian parah bersama para pejabat terkait.

Di sela-sela itu, dia menyempatkan diri datang ke gua Ek Leuntie, dan juga mengisi kuliah umum di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. (ASM)

Shares: