News

Kepala BNPB Tinjau Lokasi Banjir Dan Berikan Bantuan 1 Milyar

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo melakukan kunjungan kerja ke Aceh dan serahkan Bantuan Banjir di Aceh Foto : Serambi Indonesia

POPULARITAS.Com Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Letjen TNI Doni Monardo melakukan kunjungan kerja ke Aceh, nyakni melihat langsung daerah-daerah yang terkena banjir di Aceh Utara dan berkunjung ke temppat-tempat pengungsian warga juga pos pelayanan kesehatan milik TNI pada Kamis 10 Desember lalu.

Selain mengunjungi titik banjir dan pengungsi di Aceh Utara, Doni juga melakukan pertemuan dengan Bupati Aceh Utara, Bupati Aceh Timur

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan senilai Rp1 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Bener Meriah dan Aceh Tenggara.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala BNPB juga menyerahkan bantuan senilai Rp 1 milyar untuk Aceh Utara, dan bantuan dari kementrian social senilai Rp 200 juta yang di terima langsung oleh Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib.

BNPB juga menyerahkan bantuan yang sama kepada  Kabupaten Aceh Timur Rp 1 miliar, Kabupaten Bener Meriah Rp 500 juta, Kabupaten Aceh Tenggara Rp 500 juta.

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo dalam siaran persnya mengatakan, bahwa hasil rapat pihaknya dengan sejumlah Bupati/Wali Kota, disepakati untuk memisahkan para korban banjir.

Karena bisa jadi yang sehat sudah memiliki riwayat COVID, tetapi tidak diketahui. Apabila ini disatukan akan berdampak kepada yang rentan, seperti lansia, ibu hamil, ibu menyusui dan balita, itu wajib dipisahkan.  tegas Doni Monardo dalam keterangan tertulis diterima awak media.

Selain itu Kepala BNPB juga mengatakan dirinya telah melihat langsung dari udara bahwa masih adanya muara sungai dangkal dan penyempitan aliran sungai di daerah tersebut.

“ BNPB akan  memberikan dukungan kerjasama dengan pihak Kementerian PUPR untuk mencari solusi guna mempercepat untuk mengatasinya, agar air yang ada di sungai segera mengalir ke laut tanpa hambatan seperti dangkal dan sempitnya aliran sungai di daerah itu” Jelas Doni..

Selaian itu, pihaknya juga berterima kasih kepada tim gabungan baik TNI, Polri, BPBD dan sukarelawan lainnya yang telah bekerja keras untuk memberikan berbagai bantuan kepada para korban banjir, termasuk juga  Wakil Menteri PUPR yang berkunjung untuk meninjau langsung.

Presiden Jokowi, kata Doni Monardo, juga memberikan instruksi kepada BNPB untuk ikut membantu daerah-daerah yang berdampak longsor banjir untuk ditanami dengan tanaman vetiver.

” Tanaman Ini tidak terlalu sulit kita dapatkan terutama di beberapa daerah yang sudah sekian tahun terakhir memproduksi. Kemudian mencegah tidak ada lagi penebangan-penebangan ilegal, semua pihak harus kerjasama antar unsur yang ada untuk bisa menjaga dan untuk program penghijauannya ditingkatkan kembali bagi masyarakat yang masih melakukan upaya-upaya menebang tanaman pohon ini harus kita cegah,” jelasnya

Shares: