NewsPolitik

KIP Aceh rekrut ribuan penyelenggara pemilu ad hoc

Aceh Timur butuh 1.539 anggota panitia pemungutan suara
Ilustrasi, warga menggunakan hak pilihnya pada pemilu di Banda Aceh. ANTARA/M Haris SA

POPULARITAS.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP/KPU) Provinsi Aceh menyatakan akan merekrut ribuan penyelenggara ad hoc untuk Pemilu 2024.

Anggota KIP Provinsi Aceh Muhammad di Banda Aceh, Jumat (28/10/2022), mengatakan penyelenggara pemilu ad hoc tersebut yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Rekrutmen penyelenggara pemilu ad hoc direncanakan pertengahan November 2022. Ada ribuan penyelenggara ad hoc untuk Pemilu 2024 yang akan direkrut di seluruh Provinsi Aceh,” kata Muhammad.

Berdasarkan aturan perundangan-undangan, PPK beranggotakan lima orang dan PPS sebanyak lima orang. Penyelenggara pemilu ad hoc tersebut hingga dua bulan setelah seluruh tahapan pemilu berakhir

Muhammad mengatakan penyelenggara pemilu ad hoc tersebut bertugas melaksanakan pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden.

“Sedangkan untuk penyelenggara ad hoc pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah menunggu petunjuk teknis KPU, apakah akan direkrut lain atau tugas PPK dan PPS dilanjutkan,” kata Muhammad.

Muhammad mengatakan rekrutmen penyelenggara pemilu ad hoc dilaksanakan dengan sistem informasi anggota KPU dan badan ad hoc (siakba). Di mana calon pendaftar calon penyelenggara ad hoc melalui daring atau online.

“Kami juga menyosialisasi rekrutmen penyelenggara pemilu ad hoc tersebut, sehingga nantinya banyak yang mendaftar. Pendaftar juga memperhatikan keterwakilan perempuan,” kata Muhammad.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif direncanakan serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI. (ant)

Shares: