KIP Pidie tepis tudingan Partai SIRA

POPULARITAS.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie menepis tudingan terkait dugaan tidak melakukan verifikasi faktual dengan mendatangi tempat tinggal anggota Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh (SIRA).

Ketua Divisi Data dan Informasi KIP Pidie, Muhammad Ali menyebutkan dalam melakukan verifikasi faktual pihak KIP kabupaten serempat telah membentuk lima tim, dimana per tim memiliki enam anggota.

“Kita telah mendatangi rumah anggota secara door to door, bahkan kita juga telah membentuk lima tim verfak agar tercover semua saat melakukan verifikasi,” kata Ali, usai persidangan di Kantor Panwaslih Aceh, Rabu (23/11/2022).

Kata Ali, saat melakukan verfak, tim juga selalu membawa dokumen ataupun form pernyataan yang diperlukan sehingga penetapan banyaknya anggota Partai SIRA yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) merupakan benar adanya.

“Surat-surat yang dibawa ke lapangan seperi form pernyataan apabila ada anggota yang tidak dijumpai di rumahnya. Juga ada anggota yang tidak tau bahwa datanya sudah terdaftar sebagai anggota parlok. Jadi mereka langsung menandatangani apabila mereka menerima atau menolak dijadikan sebagai anggota,” tambah Ali.

Bahkan, kata Ali, proses verfak yang dilakukan KIP Pidie dengan cara mendatangi rumah anggota juga didampingi oleh Panwaslih setempat.

Lalu, setiap nama anggota yang terdaftar, kata Ali merupakan data langsung dari SIPOL sehingga pihaknya langsung memverifikasi dan membuktikan data yang tercantum itu sesuai.

“Tugas kami membuktikan data dari SIPOL benar atau tidak, selebihnya kami tidak bermaksud lain, maka kami berharap pihak Panwaslih Aceh dapat memutuskan keputusan dengan seadil-adilnya,” ujarnya.

Comments
Loading...