News

KNPI Aceh latih puluhan barista muda

KNPI Aceh latih puluhan barista muda
KNPI Aceh latih puluhan barista muda, 7-9 November 2022.

POPULARITAS.COM – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh melatih puluhan barista muda di daerah ujung barat Sumatra itu. Kegiatan ini berlangsung di salah satu hotel di Banda Aceh, 7-9 November 2022.

Kegiatan bertajuk “Coaching Clinic Barista Muda” tersebut dibuka secara resmi pada Senin (7/11/2022) oleh Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Aceh, Syaifullah.

Dalam sambutannya, Syaifullah berpesan agar puluhan barista muda ini dapat menjadi ujung tombak untuk memotivasi para pemuda Aceh lainnya dalam hal wirausaha.

Menurut Syaifullah, pelatihan barista muda dapat memberi dampak positif bagi para pemuda yang selama ini bergelut di bisnis kopi. Oleh karena itu, ia mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Kami yakin barista muda ini yang mulai dan sudah berkecimpung bisa memberi suatu pekerjaan kepada orang lain, sehingga bisa membantu pemerintah menurunkan angka pengangguran,” kata dia.

Sementara, Ketua KNPI Aceh, Wahyu Saputra yang diwakili Isnadi menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya melahirkan pemuda-pemuda yang berjiwa entrepreneur, mengingat tantangan ke depan semakin sulit akibat pengaruh globalisasi.

Pelatihan barista itu, menurut Isnadi, merupakan salah satu upaya KNPI dalam meningkatkan kapasitas pemuda yang baru memulai dan sudah bergelut di bisnis kopi.

“Apalagi Aceh dikenal dengan daerah seribu warung kopi dan hari ini kita berupaya menciptakan generasi-genarasi sesuai kebutuhan, ini akan berdampak pada kondisi sosial di Aceh sendiri dengan hadirnya lapangan kerja baru,” katanya.

Ketua Panitia, Dedi Kusnaidi dalam laporannya menyampaikan, peserta pelatihan barista kopi diikuti oleh 80 peserta. Mereka berasal dari Kota Banda Aceh, Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Besar dan Pidie.

Dalam pelatihan selama 3 hari ini, kata Dedi, para peserta akan difokuskan mempraktikkan bagaimana menjadi seorang barista hingga mengelola sebuah bisnis warung kopi.

“Jadi ini fokusnya ke praktik, sehingga bagi yang baru mulai usaha dapat terus meningkatkan kapasitasnya dan menjadi motivasi tambahan serta meningkatkan skill,” kata dia.

Shares: