News

Konsumsi Pertalite hingga Pertamax Turbo di Aceh diproyeksikan meningkat saat nataru

Kuota BBM subsidi untuk Aceh tahun 2024 sebesar 1 juta kilo liter, meningkat dibandingkan 2023
Ilustrasi, petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (2/7).(Liputan6.com/Johan Tallo)

POPULARITAS.COM – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024, konsumsi bahan bakar jenis Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) diproyeksi meningkat 11 persen dari jumlah 12.662 kilo liter (KL) menjadi 13.699 KL per hari.

Hal tersebut diungkapkan oleh Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, Rabu (20/12/2023).

Susanto juga mengatakan, konsumsi bahan bakar ketiga jenis itu diperkirakan akan mulai meningkat pada 23 hingga 27 Desember nanti.

Untuk memastikan persediaan bahan bakar tersebut aman selama libur Nataru di wilayah Sumbagut, pihaknya juga sudah membentuk tim Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) sejak 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak pemerintah pusat serta daerah, BUMN lain, serta TNI-Polri untuk memastikan distribusi energi berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Sementara untuk Aceh, Sales Area Manager Aceh Pertamina Patra Niaga, Surya menyebut bahwa konsumsi bahan bakar ketiga jenis diprediksi meningkat 6 persen atau dari sebelumnya 1.726 KL per hari menjadi 1.829 KL per hari.

“Puncak konsumsi BBM kami prediksi di tanggal 24 Desember. Saat masa Satgas Nataru biasanya untuk kendaraan sektor Gasoil ini akan mengalami penurunan konsumsi karena ada pembatasan pergerakan kendaraan non sembako,” jelasnya.

Pihaknya turut membuat layanan khusus untuk memastikan persediaan bahan bakar aman selama libur Nataru di Aceh, berupa 127 SPBU Siaga serta 3 SPBU Kantong.

Untuk diketahui, SPBU Kantong ini berada di jalur wisata dan mudik untuk mengantisipasi pasokan SPBU apabila kenaikan permintaan BBM.

“Selain itu kami juga menyediakan satu posko kesehatan di jalur wisata dan mudik dengan intensitas padat di Aceh Timur tepatnya di PBU 14.244.479,” pungkasnya.

Shares: