NewsSosial dan Budaya

Kosakata jampok diusulkan masuk dalam KBBI

Kosakata jampok diusulkan masuk dalam KBBI
Foto ilustrasi Museum Aceh, salah satu objek wisata dan sejarah di Kota Banda Aceh. (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Jampok, merupakan salah satu kosakata dalam bahasa Aceh. Definisinya suka memuji diri sendiri. Saat ini, Balai Bahasa Provinsi Aceh (BPPA), usulkan ratusan kosakata bahasa Aceh untuk masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Salah satu yang diusulkan adalah jampok.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator KKLP Perkamusan dan Peristilahan BPPA Zulfahmirda Matondang, dalam keterangannya, Sabtu (14/10/2023) dikutip dari laman Antara.

Ia menerangkan, di tahun 2023 ini, pihaknya mengusulkan 646 kosakata bahasa Aceh untuk dimasukkan dalam KBBI, dari jumlah itu, terdapat 345 kosakata yang berpotensi diterima.

Sebelumnya, Balai Bahasa Provinsi Aceh telah melaksanakan Sidang Komisi Bahasa Daerah (SKBD) bersama tim redaksi KBBI dari Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa serta penutur bahasa Aceh awal Oktober kemarin.

Tujuannya, untuk memverifikasi kosakata bahasa daerah yang dapat diusulkan untuk memperkaya kosakata bahasa Indonesia.

Selain Jampok, kata Zulfahmirda, beberapa kosakata bahasa Aceh yang berpotensi diterima dalam bahasa SKBD tahun ini adalah, boinan ‘kekayaan berupa aset tidak bergerak’, seungeu /s.ng/ ‘ menggado dengan jumlah sedikit’.

Kemudian, silik yang artinya mencolek dan mengusapkan sesuatu (misal mengoleskan kapur pada daun sirih), seumapa /s.ma.pa/’berbalas pantun yang ditampilkan saat perkawinan, penyambutan pejabat negara, dan acara resmi lainnya.

Zulfahmirda menjelaskan, kosakata bahasa daerah yang dapat diusulkan ke dalam KBBI harus memiliki keunikan, yaitu memiliki konsep yang belum ditemukan dalam bahasa Indonesia atau belum dimuat dalam KBBI.

“Selanjutnya, eufonik (kosakata enak didengar atau mudah dihafalkan oleh seluruh masyarakat Indonesia), kerap digunakan, dan berkonotasi positif,” ujarnya.

Ia menyampaikan, kegiatan pengusulan ini bukan kali pertama, sudah pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Sampai saat ini kosakata bahasa daerah di Provinsi Aceh yang telah dimuat dalam KBBI adalah kosakata bahasa Aceh, Gayo, dan Alas. Bahasa Aceh berjumlah 141, Gayo 176, dan Alas 50 kosakata.

Kosakata bahasa daerah di Provinsi Aceh yang telah dimuat dalam KBBI ini dapat dilihat secara daring melalui gawai dan perangkat teknologi internet lainnya karena telah diklasifikasikan dalam KBBI daring berdasarkan bahasa.

“Jumlah kosakata bahasa daerah Aceh dalam KBBI tersebut masih bisa bertambah lagi kedepannya, karena akan terus diperbaharui,” demikian Zulfahmirda.

Editor : Hendro Saky

Shares: