News

KPU Diminta Berhentikan Sementara Ilham Saputra

Komisioner KPU Ilham Saputra | Foto: CNN Indonesia

JAKARTA (popularitas.com) – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena tak menyatakan ke publik bahwa memiliki hubungan keluarga dengan anggota tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Yuga Aden.

Ilham dilaporkan ke DKPP oleh Presidium Barisan Advokat Indonesia (Badi) Nur Aris. Ilham pun telah mengakui memiliki hubungan darah dengan Yuga setelah ramai diperbincangkan di media sosial.

“Kami minta DKPP untuk memberhentikan Komisioner KPU Ilham Saputra sementara waktu hingga selesainya pengumuman hasil real count 22 Mei,” kata Nur Aris saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa, 23 April 2019.

Nur Aris mengatakan ada kekhawatiran di masyarakat bahwa status kakak-adik itu membuat Ilham tidak netral sebagai penyelenggara pemilu.

Aris menyampaikan berdasarkan Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017, setiap komisioner yang punya hubungan keluarga dengan peserta pemilu harus menyampaikan secara terbuka ke publik.

Kata dia, Ilham memang telah membuka status keluarga ke publik. Namun baru dilakukan usai menjadi sorotan publik pada akhir minggu kemarin.

“Seharusnya setelah ditetapkan peserta pemilu, sebagai petinggi lembaga penyelenggara pemilu dia wajib mengumumkan ke khalayak ramai agar diketahui sanggup bersikap netral dam profesional,” ucapnya.

Badi melaporkan Ilham dengan Pasal 8 huruf (k) dan pasal 14 huruf (a) Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu. Tangkapan layar pernyataan Ilham di media massa dan susunan kepengurusan BPN diajukan sebagai barang bukti.

Status saudara antara Ilham dan Yuga terungkap ke publik setidaknya pada Sabtu (20/4). Beberapa warganet membagikan tangkapan layar akun Facebook Ilham dengan nama Ilham Aden.

Ilham mengaku sebagai adik dari Yuga. Ia memastikan sudah menyatakan hal tersebut ke komisioner lain. Ilham juga memastikan akan menjaga profesionalitas.

“Abang saya bekerja untuk Sandiaga Uno secara profesional, abang saya memang ahli komunikasi dan pernah bekerja di infotainment bagaimana mengemas orang, itu kan profesional,” kata Ilham di Kantor KPU, Jakarta, Sabtu (20/4).

“Sementara saya juga di KPU bekerja secara profesional sebagai penyelenggara pemilu yang berintegritas dan tidak berpihak kepada siapapun,” tegas Ilham.

Yuga juga enggan berkomentar tentang viralnya hubungan keluarga antara dirinya dengan Ilham Saputra.

“Sudah dijawab kan sama Ilham. Cukup Ilham saja yang kasih komentar,” kata Yuga kepada CNNIndonesia.com.*

Sumber: CNN Indonesia

Shares: