NewsTeknologi

Kuota Internet Kemendikbud Tak Bisa Akses 36 Aplikasi dan Gim

Cabdin Pendidikan Aceh, Sabang Gandeng IGI Latih Guru
FOTO ARSIP - Siswa MIN 5 Kota Banda Aceh mengikuti proses belajar secara daring di rumahnya setelah menerima materi pelajaran yang dikirim gurunya melalui whatsapp grup di Banda Aceh, Rabu (18/3/2020). (FOTO ANTARA/Khalis)

POPULARITAS.COM – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan penyaluran bantuan kuota internet belajar untuk siswa, mahasiswa, guru, dan dosen.

Namun, ada beberapa aplikasi yang diblokir dan tidak dapat diakses kuota internet Kemendikbud.

Menteri Kemendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan kuota untuk siswa, mahasiswa, guru dan dosen itu akan digelontorkan pada semester awal Tahun Ajaran 2021/2022.

Besaran kuota data internet dibedakan berdasarkan jenjang pendidikan. Siswa PAUD 7 gigabyte per bulan, siswa pendidikan dasar dan menengah 10 gigabyte per bulan, guru 12 gigabyte per bulan, serta mahasiswa dan dosen 15 gigabyte per bulan.

Kuota data internet Kemendikbud yang diberikan merupakan kuota umum atau dapat digunakan untuk seluruh aplikasi dan situs, kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Inilah beberapa aplikasi yang diblokir oleh Pemerintah, ketika masyarakat mengaksesnya lewat kuota internet gratis Kemendikbud:

Badoo
Bigolive
Facebook
Instagram
Periscope
Snackvideo
Tinder
Tumblr
Twitter
Vive
Vkontakte
YY

Game online yang diblokir Kemendikbud

8 Ball Pool
Candy Crush
Clash of Clans
Clash of Knight
Clash Royale
Crisis Action
Fifa Mobile Football
Garena AOV
Garena Free Fire
Growtopia
Lineage Revolution
Mobile Legends
PUBG
Roblox
Steam
Lords of Mobile; Battle of The Empires

Video aplikasi yang diblokir Kemendikbud

JWPlayer
Likee
Netflix
TVUNetwork
QQVideo
TikTok
Viu
Dailymotion.

Sumber: CNN

Shares: